Analisa Perilaku Tiang Pancang Pada Struktur Perpanjangan Kanal Water Intake PLTGU Grati

Sriandini, Cahyaningtyas (2016) Analisa Perilaku Tiang Pancang Pada Struktur Perpanjangan Kanal Water Intake PLTGU Grati. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4312100024-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4312100024-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Grati terletak di kecamatan Lekok, Pasuruan dan memiliki dua buah jetty. Dalam perancangan jetty tidak bisa terlepas dari penggunaan pondasi, karena pondasi digunakan untuk menyalurkan beban struktur bagian atas ke tanah penunjang pada kedalaman tertentu. Jenis tumpuan merupakan salah satu parameter yang harus diperhatikan dalam pencanaan pondasi. Karena jenis tumpuan akan berpengaruh terhadap besar kecilnya nilai gaya dalam yang ada pada struktur. Gaya dalam tersebut diantaranya adalah gaya aksial, gaya geser, momen, defleksi, dan tegangan. Tugas akhir ini akan meneliti perilaku tiang pancang pada struktur perpanjangan kanal water intake. Pada penelitian ini akan dilakukan pemodelan jetty menggunakan dua model tumpuan, yaitu tumpuan jepit dan tumpuan spring. Pemodelan tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SAP2000. Dari penelitian ini diketahui bahwa nilai gaya aksial, gaya geser, momen, defleksi, tegangan maksimum dan tegangan minimum tiang pancang dengan tumpuan spring lebih kecil dibandingkan hasil output tiang pancang dengan tumpuan jepit. Selilih masing-masing output tersebut yaitu 347.786 kN untuk gaya aksial; 11.948 kN untuk gaya geser; 8.167 kN.m untuk momen; 0.010 m untuk defleksi; dan 2642.680 kN/m2 untuk tegangan maksimum, serta -1619,220 kN/m2 untuk tegangan minimum. Pada peneliatian ini juga diperoleh panjang tiang pancang dengan tumpuan jepit adalah 26.5 m dan 25.5 m untuk tumpuan spring. Sehingga tipe tumpuan yang cocok digunakan untuk struktur perpanjangan kanal water intake PLTGU Grati ialah tipe tumpuan spring karena di nilai lebih hemat dan dapat mereduksi harga sekitar 3.77% dibandingkan dengan menggunakan tumpuan jepit
==================================================================================================================
Power Gas and Steam (Power Plant) Grati located in the district of Lekok, Pasuruan and has two jettys. In the design of jetty can not be separated from the use of foundation, because foundation is used for distribute the load structure of the top to the supporting ground at a certain depth. Type of supported is one of the parameters to be considered in foundation design. Type of supported will be affect to the amount of value in the intenal forces of the structure. Intenal forces is the axial force, shear, moment, deflection, and stress. In this final project will examine the behavior of pile on structure extension of canal water intake. This research will be conducted modeling jetty using two joint support, the fixed support and the spring support. This modeling helped by software SAP2000. This research shows that the value of the axial force, shear, moment, deflection, maximum stress and minimum stress of piles with spring support smaller than the output of piles with fixed support. With the quarrel each is 347.786 kN for the axial force; 11.948 kN for shear force; 8.167 kN.m for moments; 0.010 m for deflection; 2642.680 kN/m2 for maximum stress, and -1619,220 kN/m2 for minimum stress. This research is also obtained long of pile with fixed support is 26.5 m and 25.5 m for spring support. Suitable support type for used on structure extension of canal water intake PLTGU Grari is spring support, because the value is more efficient and can reduce the price 3.77% as compared to using a fixed support.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.31 Sri a
Uncontrolled Keywords: Tumpuan jepit, Gaya dalam, Jetty, Kanal, Tiang pancang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA780 Piles and pile-driving
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Apr 2020 03:41
Last Modified: 22 Apr 2020 03:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75878

Actions (login required)

View Item View Item