Analisa Performa Widya Wahana V Di World Solar Challenge 2015

Taufiq, Hanif (2016) Analisa Performa Widya Wahana V Di World Solar Challenge 2015. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2111100118-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100118-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan mobil tenaga surya telah menjadi target perteknikan sejak tahun 1980an. Kompetisi World Solar Challenge (WSC) adalah perlombaan mobil bertenaga surya yang diadakan satu kali selama dua tahun di Australia, dan dalam ajang tersebut tim dari universitas dan perusahaan berlomba sepanjang 3022 km mulai dari Darwin menuju Adelaide. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang peduli terhadap kelangsungan hidup generasi penerus bangsa maka Institut Teknologi Sepuluh Nopember membuat kendaraan bertenaga surya. Widya Wahana V adalah kendaraan karya mahasiswa ITS yang didesain dan dirancang untuk menciptakan kendaraan bertenaga surya yang mampu menempuh jarak terjauh dengan konsumsi energi serendah mungkin dan kecepatan seoptimal mungkin. Widya Wahana V menempuh total jarak 1683 dari 3022 km pada perlombaan World Solar Challenge 2015 di Australia. Hasil ini dirasa kurang maksimal. Proses desain dan strategi perlombaan sangat menentukan konsumsi energi kendaraan. Oleh sebab itu, pada penelitian tugas akhir ini akan dibahas mengenai pemodelan dan simulasi dari Widya Wahana V sehingga diperoleh hasil simulasi mengenai performa dan karakteristik mobil yang dapat digunakan untuk menentukan racing strategy dan menjadi evaluasi untuk pembuatan Widya Wahana VI.
iv
Dalam penelitian ini, Mobil Widya Wahana V dan desain baru Widya Wahana VI dimodelkan menggunakan software MATLAB/Simulink dengan properties dan parameter yang disesuaikan dengan data kendaraan dan data saat perlombaan. Pemodelan dilakukan berdasarkan real time, optimasi dan teori juara agar mendapatkan hasil yang maksimal. Driving cycle ditentukan secara konstan dan variasi yang memanfaatkan sudut kemiringan jalan. Kemudian juga untuk daya yang dibangkitkan oleh sel surya sudah disesuaikan dengan letak geografis benua Australia dan kota-kota yang dilalui pada saat perlombaan. Selain itu, dinamika kendaraan juga dimodelkan sehingga diketahui gaya traksi kendaraan, daya, torsi, rpm (rotation per minute), serta energi yang dibutuhkan oleh mobil. Hasil yang didapatkan pada penelitian tugas akhir ini adalah Widya Wahana V dengan menggunakan kecepatan konstan mampu mencapai garis finish selama tujuh hari dengan total kebutuhan energi sebesar 70,5 KWH sedangkan dengan menggunakan kecepatan variasi mampu mencapai garis finish selama tujuh hari dengan total kebutuhan energi sebesar 70 KWH dan desain baru Widya Wahana VI dengan menggunakan kecepatan konstan tidak dapat menjadi juara dikarenakan gagal mencapai garis finish pada hari keenam sedangkan dengan menggunakan kecepatan variasi dapat menjadi juara dengan mencapai garis finish selama enam hari dengan total kebutuan energi sebesar 58,5 KWH. Sehingga didapatkan racing strategy yang dapat digunakan pada perlombaan World Solar Challenge 2017
====================================================================================================
The development of solar cars have become the target of techniques since the 1980s. World Solar Challenge (WSC) competition is a solar car race that held one for two years in Australia, and in the event teams from universities and companies competing along 3022 km from Darwin to Adelaide. As one of the universities concerned with the survival of the nation's next generation, Institute of Technology make a solar-powered vehicle. Widya Wahana V is a vehicle designed by students of ITS and designed to create a solar-powered vehicle that gets the furthest distance with the lowest energy consumption and optimum speed. Widya Wahana V got a distance of 1683 km from 3022 km at the race of World Solar Challenge 2015 in Australia. The result is less than the maximum. Process design and racing strategy will determine the energy consumption of the vehicle. Therefore, this final project will discuss the modeling and simulation of Widya Wahana V in order to obtain simulation results about the performance and characteristics of the car that can be used to determine the racing strategy and be evaluated for the manufacture of Widya Wahana VI. In this study, Widya Wahana V’s Car and new design of the Widya Wahana VI modeled using MATLAB / Simulink software with properties and parameters that are adjusted with the vehicle data and the data race. The modeling is based on real time,
vi
optimation and theory of champion in order to get maximum results. Driving cycle is determined constantly and variations that use slope of the ground. Then for the power generated by the solar cells have been adapted to the geographical location of Australia and the cities that passed during the race. Furthermore the vehicle dynamics are also modeled in order to know the vehicle traction force, power, torque, rpm (rotation per minute), and the energy required by a car. The results obtained in this final project are Widya Wahana V using a constant speed able to reach the finish line for seven days with a total energy needs by 70,5 KWH while using the speed variation able to reach the finish line for seven days with a total energy needs by 70 KWH and the new design of Widya Wahana VI using a constant speed can not be a champion because of failing to reach the finish line on the sixth day while using speed variation can be champion by reaching the finish line for six days with a total energy needs by 58,5 KWH. So we get the racing strategy that can be used in the race of World Solar Challenge 2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.312 44 Tau a
Uncontrolled Keywords: Widya Wahana V, pemodelan dan simulasi, MATLAB/Simulink, konsumsi energi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2960 Dye-sensitized solar cells. Solar batteries. Solar cells
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:07
Last Modified: 30 Apr 2020 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75921

Actions (login required)

View Item View Item