Desain Furniture Set Taman Kanak - Kanak Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Yang Interaktif

Putri, Rosa Delima Cancericha (2016) Desain Furniture Set Taman Kanak - Kanak Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Yang Interaktif. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100001-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3412100001-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah aspek terpenting untuk anak agar siap dalam menempuh masa depan yang
dimulai dari pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK). Pembelajaran di TK umumnya terdiri
atas aspek kognitif dan sosial. Dari segi sosialnya, sekolah di Indonesia menerapkannya pada
model pembelajaran yang berbeda sehingga menciptakan pembelajaran yang interaktif.
Pembelajaran dari segi sosial, keamanan, kenyamanan pada anak, aksesibilitas anak serta
kesesuaian layout pada ruang kelas menjadi permasalahan utama yang belum terakomodasi
oleh furnitur anak yang ada saat ini. Dari masalah yang ada, dibutuhkan desain furnitur set
anak yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih interaktif. Kebutuhan furnitur
kelas untuk TK umumnya terdiri atas meja, kursi, drawer anak, dan tempat untuk memajang
karya anak.
Proses desain dimulai dengan mengumpulkan data dengan cara interview user, obeservasi
lapangan,dan kuesioner. Hasil pengumpulan data tersebut kemudian diolah dengan
melakukan studi dan analisa yang tepat untuk mendapatkan permasalahan dan kebutuhan
sehingga menghasilkan konsep yang solutif dalam desain final.
Hasil perancangan ini mengasilkan satu set furnitur anak dengan konsep playful, educative,
flexible, dan adaptable. Playful adalah furnitur yang dapat membuat anak tidak bosan dalam
belajar karena desainnya yang menarik dan dapat dimainkan. Educative adalah desain
furnitur yang mempunyai nilai edukasi, baik edukasi secara sosial dan kerja sama hingga
edukasi dari sisi bentuk. Flexible adalah furnitur dengan bentuk yang dapat di-multi
konfigurasikan serta memungkinkan anak untuk memindahkan dan mengaksesnya sendiri.
Dan konsep adaptable adalah furnitur yang dapat beradaptasi dengan berbagai macam
layout dan dimensi ruangan kelas. Hasil perancangan tersebut mampu untuk menunjang
target pasar (sekolah TK) dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu juga dapat membuat
target user (anak-anak TK) bisa mendapatkan pembelajaran dengan cara yang
menyenangkan.
==================================================================================================================
Education is the most important aspect for children to prepare the future that is begin in
Kindergarten school. Kindergarten learning focused on cognitive and social aspects. In
social aspect, kindergarten learning applied in many different models, but basically refer to
interactive learning.
Social aspect, safety, children’s comfort, children’s accessibility, and also
Suitability furniture layout in the classroom become the main issues that have not been
accommodated by existing furniture. From those issues, Kindergarten schools need kids
furniture set that support the interactive learning. Classroom furniture for kindergarten
consist of table, chair, kids’ drawer, and artwork board.
The design process itself started at collecting the data by providing user interviewing, field
observing, and shadowing method. Then the result analyzed to catch the problems then
create creative solutions with the final design.
The output of this project is to create a set of kindergarten furniture with playful, educative,
flexible and adaptable concept. Playful means furniture that can make children do not get
bored in the study due to the attractive design and can be played. Educative furniture means
furniture that has an educational value, both social and educational. Flexible means furniture
with a form that can be configured in many forms and also allow the children to move and
access themselves. And the adaptable concept means furniture that can adapt to a wide
variety of layouts and dimensions of the classroom. The output design is to support the target
market (kindergarten schools) to implement interactive learning. It also can make the target
user (kindergarten kids) can get learning in a fun way

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 749 Put d
Uncontrolled Keywords: Pembelajran interaktif, Taman kanak- kanak , Furniture kelas
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:59
Last Modified: 24 Jul 2020 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76494

Actions (login required)

View Item View Item