Pemanfaatan Algoritma Heuristik untuk Pengaturan Beban pada Komputasi Awan

Kusuma, Raldo (2020) Pemanfaatan Algoritma Heuristik untuk Pengaturan Beban pada Komputasi Awan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000026-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000026-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komputasi awan menjadi salah satu alternatif dalam pembuatan layanan berbasis web. Semakin banyak pengguna internet menyebabkan lalu lintas pengguna layanan web menjadi tinggi yang tentu akan memerlukan infrastruktur yang baik dalam mengelola server di komputasi awan. Load balancing merupakan salah satu tantangan utama dalam komputasi awan dalam mendistribusikan beban kerja di beberapa node untuk memastikan bahwa tidak ada sumber daya tunggal yang kewalahan atau kurang dimanfaatkan.

Load balancing adalah teknik atau cara untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Untuk menyelesaikan permasalahan dalam infrastruktur di komputasi awan diperlukan sebuah algoritma heuristik yang sesuai untuk pembagian beban pada komputasi awan. Hal ini perlu dilakukan sehingga semua server memiliki beban yang seimbang. Dengan demikian server dapat berjalan optimal dan menghindari ada sumber daya tunggal yang kewalahan atau kurang dimanfaatkan.

Dari hasil uji coba, algoritma heuristik dapat membagi beban task secara seimbang ke resource yang disediakan. Algoritma heuristik juga mampu membagi task dengan resource yang memiliki spesifikasi berbeda dan task dengan berat yang berbeda.
==================================================================================================================
Cloud computing is an alternative in making web-based services. More internet users causes high web service user traffic which will certainly require good infrastructure in managing servers in cloud computing. Load balancing is one of the main challenges in cloud computing in distributing workload across multiple nodes to ensure that no single resource is overwhelmed or underused

Load balancing is a technique or way to distribute traffic loads on two or more connection lines in a balanced way, so that traffic can run optimally, maximize throughput, minimize response times and avoid overloading on one of the connection lines.

To solve problems in infrastructure in cloud computing we
need a heuristic algorithm that is suitable for sharing the burden on cloud computing. This needs to be done so that all servers have a balanced load. Thus the server can run optimally and avoid having a single resource that is overwhelmed or underused.

From the results of the trial, the heuristic algorithm can divide the balance equally into existing resources. The heuristic algorithm is also able to divide tasks with resources that have different specifications and tasks with different weight.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Kus p-1 • Kusuma, Raldo
Uncontrolled Keywords: Load balancing, Heuristic algorithm
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.585 Cloud computing. Mobile computing.
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raldo Kusuma
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:18
Last Modified: 10 May 2023 14:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76558

Actions (login required)

View Item View Item