Analisis Faktor Kepuasan dan Intensi Penggunaan Kembali di Masa Mendatang Peer-to-Peer (P2P) Accommodation Dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM)

Ghazy, Ridho Annabil (2020) Analisis Faktor Kepuasan dan Intensi Penggunaan Kembali di Masa Mendatang Peer-to-Peer (P2P) Accommodation Dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000115-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000115-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konteks: Pengguna internet di Indonesia akan memicu pertumbuhan jumlah transaksi e-commerce khususnya pada bidang travel online, data indeks pangsa pasar travel online Indonesia dari 2015 hingga 2019 yang di rilis oleh Bain & Company. Berdasarkan data indeks tersebut, ditahun-tahun 2019, Indonesia mendapatkan angka 0.78 untuk hotel online, 12.9 untuk penerbangan online, dan 20.8 untuk penyewaan kamar secara online. Indonesia mulai tumbuh tren sharing economy, dimana sharing economy adalah model ekonomi yang berbasis peer-to-peer (P2P) untuk memperoleh, berbagi, dan menyeiakan akses menuju barang atau jasa yang difasilitasi oleh platform online berbasis komunitas.
Permasalahan: Aplikasi berbasis peer-to-peer accommodation digunakan sebagai sarana untuk menginformasikan penyedia peer-to-peer accommodation untuk mempertahankan tamu dan juga menyediakan informasi kepada hotel mengenai karakteristik layanan dan keunggulan kompetitif dari pesaing mereka. Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan intensitas penggunaan aplikasi berbasis peer-to-peer accommodation.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh atribut kepuasan pelanggan seperti kenikmatan, manfaatsosial, manfaatlingkungan, keberlanjutan, fasilitas, dan manfaat lokal terhadap kepuasan seorang pelanggan kamar sewaan, untuk mengetahui apakah kepuasan berpengaruh positif terhadap niat di masa mendatang seorang pelanggan untuk menyewa kamar dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap pemilihan akomodasi platform peer-to-peer dan bagaimana urutan prioritasnya.
Metode: Metode penelitian yang akan diterapkan dalam penelitian Tugas Akhir ini merupakan analisis kuantitatif terhadap model penelitian yang dikembangkan oleh Lis P. Tussyadiah dengan melakukan metode Structural Equation Model (SEM), penggunaan AMOS, pengembangan hipotesis kualitas nilai aplikasi. Adapun alasan penggunaan metode SEM dalam penelitian kali ini, dikarenakan model yang digunakan dalam penelitian ini cukup rumit, sehingga akan sangat sulit jika menggunakan metode regresi linear.
Hasil: Hasil dari penelitian ini untuk mengidentifikasi atribut yang memiliki pengaruh signifikan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dalam hal ini ditemukan bahwa Enjoyment, Economic Benefit, Sustainability, dan Ammenities berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction dan Future Intention. Hasil penelitian juga menunjukkan hubungan positif dan signifikan Satisfaction terhadap Future Intention.

Kata kunci: Kepuasan pelanggan, Penggunaan Peer-to-Peer (P2P) Accommodation, Metode Structural Equation Modeling (SEM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.834 3 Gha a-1 • Ghazy, Ridho Annabil
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan, Penggunaan Peer-to-Peer (P2P) Accommodation, Metode Structural Equation Modeling (SEM), Customer satisfaction, Use of Peer-to-Peer (P2P) Accommodation, Structural Equation Modeling (SEM) Method
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ridho Annabil Ghazy
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:54
Last Modified: 15 May 2023 11:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76861

Actions (login required)

View Item View Item