Purifikasi Biogas PT.ENERO Dengan Karbonasi Mineral CA(OH)2 Dari Steel Slag (Packed Bed Reactor)

Baiti, Difa Aulia and Sukri, Sulthan Achmad (2020) Purifikasi Biogas PT.ENERO Dengan Karbonasi Mineral CA(OH)2 Dari Steel Slag (Packed Bed Reactor). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02211640000085_02211640000161-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02211640000085_02211640000161-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern ini, industri baja memiliki berbagai tantangan dan peluang. Peluang yang ada berupa program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Hal ini tentunya akan menguntungkan industri secara langsung karena akan meningkatkan demand untuk produk-produk industri baja. Namun, di lain tempat tantangan-tantangan untuk industri ini juga semakin besar. Hal ini adalah maraknya impor produk-produk baja sehingga industri baja Indonesia harus menjadi meningkatkan kemampuan agar menjadi industri yang efisien agar mampu bersaing dengan baja impor dari luar negeri. Selain itu, seiring dengan tantangan tersebut, limbah baja juga akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya produksi baja di Indonesia. Pengolahan limbah steel slag akan menjadi solusi yang mampu meningkatkan keekonomisan operasi dari pabrik baja.
Akibat kerusakan lingkungan yang semakin meningkat akibat penggunaan bahan bakar fosil membuat berbagai pihak berusaha mencari alternatif-alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Ada beberapa contoh alternatif tersebut. Salah satunya adalah penggunaan biogas yang merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Biogas dipilih karena menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah dibandingkan dengan BBM konvensional.
Oleh karena itu, dengan potensi yang dimiliki ini, pendirian Pabrik Pilot Plant Purifikasi Biogas PT Enero dengan Karbonasi Mineral Ca(OH)2 dari Steel Slag (Packed Bed Reactor) adalah salah satu solusi yang tepat. Hal ini berdampak positif, yaitu menciptakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi polusi udara. Pabrik Pilot Plant ini dirancang dengan skala lebih kecil dari pabrik komersil dengan perbandingan 1:10 yang nantinya setelah beroperasi berguna untuk bahan evaluasi sebelum mendirikan pabrik komersil.
Limbah steel slag merupakan limbah industri baja yang memiliki kandungan CaO yang tinggi (45%) yang sangat disayangkan apabila dibuang begitu saja, karena logam tersebut memiliki banyak manfaat. CaO ini dapat diekstraksi kandungan kalsium-nya, dan akan digunakan untuk menyerap kandungan CO2 dan CO2 ini diikat oleh kandungan kalsium dan menjadi produk bernilai tinggi Precipitated Calcium Carbonate (PCC). PCC ini utamanya akan digunakan sebagai filler dan coating untuk industri pulp&paper. Potensi penggunaan lain juga meliputi untuk bahan industri farmasi, cat, keramik, makanan dan industri lainnya.
Limbah biogas masih mengandung 62% volume metana dalam gas dan masih harus dimurnikan agar bisa difungsikan. Kadar H2S dimurnikan dengan fixed bed reactor sedangkan CO2 dimurnikan dengan limbah steel slag.
Pabrik ini rencananya akan dibangun di Desa Gempolkerep, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini dengan pertimbangan karena pabrik pilot plant terintegrasi dengan sumber biogas, yaitu PT Enero. Pemilihan lokasi tidak dilakukan dekat dengan pabrik baja karena mahalnya biaya transportasi gas dengan pipa. Penyediaan utilitas dan sumber listrik mudah karena dekat dengan pabrik PT Enero dan disuplai oleh PT PLN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muh. Sulthan Achmad Sukri
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:39
Last Modified: 19 May 2023 14:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76956

Actions (login required)

View Item View Item