Rancang Bangun Sistem Pengamatan Berbasis WSN Untuk Deteksi Dini Kejadian Tanah Longsor Dengan Metode Multiple Thresholding

Nugraha M, Muhammad Ryanda (2020) Rancang Bangun Sistem Pengamatan Berbasis WSN Untuk Deteksi Dini Kejadian Tanah Longsor Dengan Metode Multiple Thresholding. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000180-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000180-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wireless Sensor Network (WSN) adalah sekumpulan node sensor yang saling berkomunikasi secara nirkabel untuk mengumpulkan data pada lingkungan disekitarnya Modul nRF24l01 merupakan salah satu contoh alat komunikasi untuk WSN, modul ini menggunakan daya yang sangat rendah sehingga cocok digunakan pada node-node dalam wireless sensor network guna melakukan monitoring tanah longsor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalam pendeteksian tanah longsor adalah multiple thresholding. Pertama dilakukan simulasi tanah longsor sambal mengumpulkan data nilai akselerasi tanah dengan modul ADXL345 pada saat terjadi longsor menggunakan node slave sebagai pengirim data dan node master sebagai penerima. Setelah itu, data yang diperoleh digunakan untuk mencari nilai threshold yang sesuai berdasarkan changing point pada dataset. Juga digunakan decision tree sehingga kondisi longsor akan ditetapkan setelah nilai yang didapatkan oleh sensor melewati seluruh nilai threshold yang telah ditetapkan pada setiap node slave.
Berdasarkan hasil uji coba dengan menggunakan beberapa scenario uji coba mulai simulasi longsor sungguhan hingga menggerakkan sensor secara manual untuk menguji akurasi ditemukan bahwa akurasi mengalami penerunan saat sensor digerakkan secara manual dengan tempo yang cepat. Namun, pada saat uji coba simulasi longsor sungguhan akurasi yang didapatkan diatas 60% sehingga metode ini cocok digunakan untuk kondisi dimana gangguan external sangat minim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 004.62 Muh r-1 • Muhammad Ryanda Nugraha M
Uncontrolled Keywords: Wireless Sensor Network, Changing Point, Threshold, nRF24, ADXL345.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ryanda Nugraha M Muhammad
Date Deposited: 05 Aug 2020 06:05
Last Modified: 21 May 2023 16:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76982

Actions (login required)

View Item View Item