Pengembangan Mekanisme Network Balancing Pada Jaringan Software Defined Network Data Plane Dengan Menggunakan Least Loaded Path

Rangkuty, Mhd Fattahilah (2020) Pengembangan Mekanisme Network Balancing Pada Jaringan Software Defined Network Data Plane Dengan Menggunakan Least Loaded Path. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111850010015-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111850010015-Master_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Software Defined Network (SDN) merupakan paradigma baru dalam teknologi jaringan, SDN memisahkan control plane dan data plane jaringan. SDN adalah pendekatan jaringan komputer yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengelola layanan jaringan melalui abstraksi fungsionalitas pada tingkat yang lebih tinggi, dengan memisahkan sistem yang membuat keputusan tentang di mana traffic dikirim (control plane), kemudian meneruskan traffic ke tujuan yang dipilih (data plane). Untuk peningkatan performa dari suatu jaringan SDN, salah satu metode yang digunakan adalah load balancing. Teknik ini membagi seluruh beban secara merata pada setiap komponen jaringan seperti data plane atau pada jalur atau path yang menghubungkan data plane dan S-D (Source Destination) host, sehingga dapat menghindari kemacetan jaringan dan peningkatan transfer rate data dan penurunan latency.
Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan mekanisme path selection dengan menggunakan metode least loaded path (LLP) untuk mencapai load balancing, yang disimulasikan pada jaringan data plane SDN. Algoritma tersebut digunakan pada load balancing untuk mengatur alur mekanisme dalam memperoleh pembagian beban yang maksimal, sehingga dapat dicapai peningkatan performa jaringan dalam hal ini transfer rate data dan latency. Konsep LLP yang merupakan pengembangan Dijkstra, melakukan pemilihan best path dengan mencari jalur terpendek dan beban traffic terkecil, beban traffic terkecil (minimum cost) didapatkan dari penjumlahan tx dan rx data pada switchport data plane yang terlibat dalam pengujian, hasil ini yang kemudian akan ditetapkan sebagai best path dalam proses load balancing.
Dari uji coba yang telah dilakukan, setelah proses mekanisme LLP pada S-D h1-h4 dan S-D h5-h8, terjadi penurunan rata-rata maksimum latency sebesar 5-10%. Sementara hasil transfer rate data meningkat mulai 7% hingga 96% setelah dilakukan mekanisme seleksi path dengan LLP pada kedua pasangan S-D host. Selain itu, peningkatan throughput juga terjadi setelah dilakukan mekanisme seleksi path dengan LLP. Peningkatan-peningkatan tersebut terjadi karena mekanisme seleksi path dengan LLP telah berhasil mengirimkan paket data melalui best path yang sudah di proses sebelumnya, sehingga proses load balancing dapat dilakukan. Hal ini tidak dilakukan pada load balancing default yang sudah terintegrasi pada kontroler floodlight. Pada mekanisme LLP, selain memilih shortest path, penghitungan cost pada path yang memungkinkan untuk dilewati juga dilakukan, sementara pada default LB hanya menghitung shortest path saja. Hasil ini juga menunjukkan mekanisme ini dapat diterapkan pada topologi fat tree atau jaringan real skala kecil dan besar, sehingga dapat memenuhi fleksibilitas dan skalabilitas pada jaringan SDN data plane.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.C55 Client/server computing
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.585 TCP/IP (Computer network protocol)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.5956 Quality of service. Reliability Including network performance
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mhd. Fattahilah Rangkuty
Date Deposited: 12 Aug 2020 05:21
Last Modified: 04 Jun 2023 14:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77655

Actions (login required)

View Item View Item