Analisis Penjadwalan Inspeksi Pada Pipa Bawah Laut Yang Mengalami Bentangan Bebas Menggunakan Metode Risk Based Inspection (RBI)

Giffari, Abizar (2020) Analisis Penjadwalan Inspeksi Pada Pipa Bawah Laut Yang Mengalami Bentangan Bebas Menggunakan Metode Risk Based Inspection (RBI). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000007_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311640000007_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jaringan pipa bawah laut PT. X terletak di utara Jawa Barat, yang mengaliri fluida gas alam dengan menggunakan pipa berukuran 16" sepanjang 19 Km. Dikarenakan Kontur dasar laut yang tidak merata mengakibatkan pipa mengalami permasalahan bentangan bebas. Hal ini menyebabkan jaringan pipa bawah laut terancam mengalami kegagalan kelelahan struktur akibat VIV dan local buckling. Dalam Tugas Akhir ini pipa bawah laut milik PT. X terdapat 136 bentangan bebas yang terjadi akibat permukaan dasar laut yang tidak merata. Sehingga perlu dilakukan screening untuk bentangan bebas pada pipa yang memiliki rasio L/D > 30 untuk mengetahui bentangan bebas mana yang tidak lolos screening, dan mengetahui tingkat risiko pipa bawah laut PT. X dalam menghadapi permasalahan bentangan bebas. Hasilnya untuk screening kelelahan akibat VIV, pipa yang mengalami bentangan bebas dengan panjang lebih dari 25 meter tidak lolos screening, sedangkan untuk local buckling terjadi pada bentangan bebas terpanjang, dengan panjang 62 meter. Untuk tingkat risiko pada kelelahan struktur akibat VIV memiliki nilai tertinggi dilihat daari segi bisnis dan lingkungan, yaitu pada kategori medium. Untuk tingkat risiko pada kegagalan local buckling untuk segi keamanan, lingkungan, dan bisnis berada pada katgori low.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: free span, Risk Based Inspection, Subsea pipeline, VIV, Local buckling
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.P55 Underground pipeline design, construction and management
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ930 Pipelines (General). Underwater pipelines.
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN880.5 Natural gas pipelines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering
Depositing User: Abizar Giffari
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:02
Last Modified: 04 Jun 2023 13:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77694

Actions (login required)

View Item View Item