Optimasi Lebar Land Dan Channel Proton Exchange Membrane Fuel Cell (PEMFC) Tipe Aliran Paralel Untuk Penurunan Tekanan Dan Laju Aliran Gas H2 Menggunakan Computational Fluid Dynamic

Pratama, Afrizal Aditya (2020) Optimasi Lebar Land Dan Channel Proton Exchange Membrane Fuel Cell (PEMFC) Tipe Aliran Paralel Untuk Penurunan Tekanan Dan Laju Aliran Gas H2 Menggunakan Computational Fluid Dynamic. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511640000090-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02511640000090-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PEMFC merupakan salah satu jenis fuel cell yang dapat mengonversi energi hidrogen menjadi energi listrik. Pada saat ini fuel cell jenis ini hanya memiliki effisiensi 45%. Untuk meningkatkan efisiensi dari fuel cell salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan penelitian dalam geometri saluran. Hal ini karena geometri saluran yang tepat dapat meningkatkan distribusi transportasi reaktan, manajemen air yang baik, dan penurunan tekanan rendah. Untuk mendapatkan desain yang optimum perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan penelitian secara numerik dan permodelan komputasi dinamika fluida (CFD). Optimasi dari desain flowchannel dilakukan pada bagian lebar channel dan lebar land dengan menggunakan metode Taguchi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ukuran optimum dari lebar channel dan lebar land dari flowchannel didapatkan masing-masing sebesar 1mm dan 0,8mm. Dari desain tersebut didapatkan penurunan tekanan sebesar 359,7 dan laju aliran rata-rata sebesar 6,99 m/s.
==================================================================================================================
PEMFC is one type of fuel cell that can convert hydrogen energy into electrical energy. At present this type of fuel cell has only an efficiency of 45%. To improve the efficiency of the fuel cell, one of the ways that can be done is by conducting research in channel geometry. This is because proper channel geometry can increase the distribution of reactant transport, good water management, and low pressure drop. To get the optimum design, further research is needed using numerical research and computational modeling of fluid dynamics (CFD). Optimization of the flowchannel design is done on the channel width and land width using the Taguchi method. From the results of the study it was found that the optimum size of the channel width and the width of the land of the flowchannel obtained respectively 1mm and 0.8mm. From this design a pressure drop of 359.7 and an average flow rate of 6.99 m / s were obtained.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CFD, PEMFC, pressure drop, flowrate, CFD, PEMFC, penurunan tekanan, laju aliran
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2931 Fuel cells
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Afrizal Aditya Pratama
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:11
Last Modified: 29 May 2023 13:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77989

Actions (login required)

View Item View Item