ELIMINASI WASTE UNTUK PERBAIKAN SISTEM PRODUKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING PADA PT. WANGSA JATRA LESTARI

Ramadhan, Bagas Abdurrahman (2020) ELIMINASI WASTE UNTUK PERBAIKAN SISTEM PRODUKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING PADA PT. WANGSA JATRA LESTARI. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000027-Undergraduate_ Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000027-Undergraduate_ Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Industri kemasan kertas memiliki prospek yang sangat besar. Persaingan antar industri kemasan juga semakin ketat. PT Wangsa Jatra Lestari merupakan salah satu industri percetakan yang produk utamanya adalah kardus kemasan berbahan dasar kertas. Pada lantai produksi ditemukan beberapa waste yang menghambat jalannya proses produksi. Permasalahan tersebut meliputi panjangnya lead time, banyaknya produk defect, banyaknya inventory dan lain sebagainya. Beberapa waste saling memengaruhi dan mendatangkan kerugian bagi perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan eliminasi waste untuk memperbaiki sistem produksi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk membantu perusahaan dalam eliminasi waste dengan menggunakan pendekatan lean manufacturing. Penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi terhadap proses produksi eksisting melalui Operation Process Chart, Value Stream Mapping, dan Process Activity Mapping. Selanjutnya dilakukan pendekatan Lean Assessment Matrix untuk mengidentifikasi adanya waste kritis. Waste kritis yang didapat meliputi finished goods yang menunggu terlalu lama di gudang (waiting), adanya penumpukan WIP yang memakan tempat di lantai produksi (inventory), dan terdapat defect berupa hasil cetakan yang rusak pada mesin cetak (defect). Berdasarkan waste kritis dipilih beberapa waste elimination action terbaik untuk diterapkan, meliputi perbaikan prosesdur penerimaan order, Perbaikan proses set up, dan penerapan Total Productive Maintenance. Hasil yang didapatkan apabila dilakukan penerapan adalah menurunnya jumlah defect yang dihasilkan, menurunnya penumpukan WIP dan menurunnya waktu tunggu produk jadi untuk dikirim sehingga sistem produksi perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi value yang diharapkan customer meliputi, warna, ukuran, desain, jumlah, bahan dasar, dan lead time produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Waste, Lean Assessment Matrix, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Operation Process Chart.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bagas Abdurrahman Ramadhan
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:51
Last Modified: 29 May 2023 14:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78079

Actions (login required)

View Item View Item