PRA DESAIN PABRIK PURIFIKASI BIOGAS PT.ENERO MENGGUNAKAN KARBONASI MINERAL Ca(OH)2 DENGAN STEEL SLAG (BUBBLE COLUMN REACTOR)

Laksono, Marco Alexander and Sari, Tania Dealina (2020) PRA DESAIN PABRIK PURIFIKASI BIOGAS PT.ENERO MENGGUNAKAN KARBONASI MINERAL Ca(OH)2 DENGAN STEEL SLAG (BUBBLE COLUMN REACTOR). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02211640000005_02211640000159-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02211640000005_02211640000159-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abad 21 yang baru ini dicirikan dengan meningkatnya arus globalisasi. Globalisasi terjadi dari segi budaya, informasi, keuangan, dan arus perpindahan barang. Hal ini menyebabkan perubahan dari cara hidup manusia dan menyebabkan setiap individu juga harus melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perubahan zaman yang terjadi di sekitarnya. Hal ini tentunya akan menimbulkan gaya hidup yang baru bagi manusia. Tidak terkecuali juga bagi dunia industri. Globalisasi berarti adanya persaingan industri yang lebih luas karena perpindahan barang yang lebih bebas.
Pada zaman modern ini, industri baja memiliki berbagai tantangan dan peluang. Peluang yang ada berupa program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Hal ini tentunya akan menguntungkan industri secara langsung karena akan meningkatkan demand untuk produk-produk industri baja. Namun, di lain tempat tantangan-tantangan untuk industri ini juga semakin besar. Hal ini adalah maraknya impor produk-produk baja sehingga industri baja Indonesia harus menjadi meningkatkan kemampuan agar menjadi industri yang efisien agar mampu bersaing dengan baja impor dari luar negeri. Selain itu, seiring dengan tantangan tersebut, limbah baja juga akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya produksi baja di Indonesia. Pengolahan limbah steel slag akan menjadi solusi yang mampu meningkatkan keekonomisan operasi dari pabrik baja.
Akibat kerusakan lingkungan yang semakin meningkat akibat penggunaan bahan bakar fosil membuat berbagai pihak berusaha mencari alternatif-alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Ada beberapa contoh alternatif tersebut. Salah satunya adalah penggunaan biogas yang merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Biogas dipilih karena menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah dibandingkan dengan BBM konvensional.
Oleh karena itu, dengan potensi yang dimiliki ini, pendirian Pabrik Kimia Purifikasi Biogas PT Enero dengan Karbonasi Mineral Ca(OH)2 dari Steel Slag (Bubble Column Reactor) adalah salah satu solusi yang tepat. Hal ini berdampak positif terhadap masyarakat sekitar, karena dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan dapat menciptakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi polusi udara. Karenanya, diperlukan komitmen dari semua pihak terutama dukungan masyarakat sekitar dan pemerintah agar pendirian pabrik dapat terwujud dengan baik dan lancar.
Limbah steel slag merupakan limbah industri baja yang memiliki kandungan CaO yang tinggi (45%) yang sangat disayangkan apabila dibuang begitu saja, karena logam tersebut memiliki banyak manfaat. CaO ini dapat diekstraksi kandungan kalsium-nya, dan akan digunakan untuk menyerap kandungan CO2 dan CO2 ini diikat oleh kandungan kalsium dan menjadi produk bernilai tinggi Precipitated Calcium Carbonate (PCC). PCC ini utamanya akan digunakan sebagai filler dan coating untuk industri pulp&paper. Potensi penggunaan lain juga meliputi untuk bahan industri farmasi, cat, keramik, makanan dan industri lainnya.
Limbah biogas masih mengandung 62% volume metana dalam gas dan masih harus dimurnikan agar bisa difungsikan. Kadar H2S dimurnikan dengan fixed bed reactor sedangkan CO2 dimurnikan dengan limbah steel slag.
Pabrik ini rencananya akan dibangun di Desa Gempolkerep, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini dengan pertimbangan bahwa dekat dengan sumber biogas, yaitu PT Enero. Pemilihan lokasi tidak dilakukan dekat dengan pabrik baja karena mahalnya biaya transportasi gas dengan pipa. Penyediaan utilitas dan sumber listrik mudah karena dekat dengan pabrik PT Enero dan disuplai oleh PT PLN. Kabupaten Mojokerto memiliki UMK 2019 sebesar Rp 2.263.665, sedangkan pengangguran di Kabupaten Mojokerto (2018) berjumlah 2.430 orang atau sejumlah 3,61 persen.
Dari analisa ekonomi, Internal Rate Return (IRR) yang diperoleh sebesar 20,20% dimana dengan IRR tersebut mengindikasikan bahwa pabrik layak untuk didirikan dengan suku bunga sebesar 12% dan diperoleh Pay Out Time (POT) sebesasr 6,59 tahun. Perhitungan analisa ekonomi didasarkan pada discounted cash flow. Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan sebesar Rp 840.010.502.890. Sedangkan Break Even Point (BEP) yang diperoleh sebesar 21,24%. Dilakukan juga perhitungan NPV (Net Present Value), dimana diperoleh nilai Rp 1.213.209.264.544. Harga Net Present Value yang diperoleh bernilai positif (NPV>0). Hal ini menunjukkan bahwa proyek akan menambah nilai bagi pemegang saham sehingga proyek pembangunan pabrik ini layak untuk dilaksanakan.

===========================================================

The dawn of the 21st century was marked by increasing flow of globalization. This globalization require people to adjust to the change happening around them. This will ultimately result in changes in the industrial world. Globalization means wider industrial competition because of a more free flow of goods across borders.
Currently, the steel industry in Indonesia faces many challenges and opportunity. The opportunity being the recent government program in rapidly building the nation’s infrastructure. This will surely increase national demand for steel products. At the same time, the national steel industry also faces another tough challenges. The most important ones being the excessive import of cheap steel which forces many companies to be cost efficient. Another challenge that the companies face is the growing number of steel slag produced by the industries. The treatment of these steel slags will help increase the competitiveness of the industry and thus will be a good source of revenue for the industry.
In the modern era, we also face the climate change because of excessive use of fossil fules. The change of the climate requires a new alternatives of more eco-friendly energy sources. One of them is the use of biogas which produce lower level of CO2 than the conventional fossil fuels.
Therefore, the Purification of Biogas from PT Enero through the carbonization of mineral Ca(OH)2 from steel slag (Bubble Column Reactor) can be a good solution for both probems mentioned in the previous two paragraph. Steel slag is a waste of the steel industry rich in CaO which can still be utilized for other purposes. We can extract the CaO of the slag and use it to absorb the CO2 impurities of the biogas and produce Precipitated Calcium Carbonate (PCC), a product of significantly higher value than steel slags commonly used as a filler in pulp&paper industry. PCC is also used in pharmacy industry, paint industry, ceramics, and many other industries.
The plant is to be built at Desa Gempolkerep, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur nearby the location of PT Enero. The location has an unemployment rate of 3.61%. It is more efficient to build the plant near the source location of the biogas rather than the steel because transporting the biogas is more difficult and expesive. The electricity and utility will be provided by PT PLN and PT Enero.
From the economic point of view, Internal Rate of Return (IRR) is projected to be 20.20% which is higher than the interest rate of banks (around 12%). The Pay Out Time (POT) is 6.59 years. The total required capital is Rp 840.010.502.890 and the Break Even Point (BEP) at 21.24% capacity. The Net Present Value is Rp 1.213.209.264.544 (NPV>0). This shows that the plant will bring value for the shareholders and the investors and therefore is financially justified.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: biogas, carbonation, steel slag biogas, karbonasi, steel slag
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP359 Biogas
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Marco Alexander Laksono
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:30
Last Modified: 05 Jun 2023 13:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78122

Actions (login required)

View Item View Item