STUDI EKSPERIMEN PENGARUH SILINDER SIRKULAR SEBAGAI PENGGANGGU ALIRAN DIDEPAN RETURNING BLADE TURBIN ANGIN SAVONIUS TERHADAP PERFORMA TURBIN "Studi Kasus untuk Ukuran Silinder Pengganggu S/D = 1,6; d/D = 0,5; y/D = 0,5; Kecepatan Angin = 3,8 m/s; 4,4 m/s; 5 m/s; 6 m/s; 7 m/s; 8 m/s dan 9 m/s"

Mahardina, Festy Merbasari (2020) STUDI EKSPERIMEN PENGARUH SILINDER SIRKULAR SEBAGAI PENGGANGGU ALIRAN DIDEPAN RETURNING BLADE TURBIN ANGIN SAVONIUS TERHADAP PERFORMA TURBIN "Studi Kasus untuk Ukuran Silinder Pengganggu S/D = 1,6; d/D = 0,5; y/D = 0,5; Kecepatan Angin = 3,8 m/s; 4,4 m/s; 5 m/s; 6 m/s; 7 m/s; 8 m/s dan 9 m/s". Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111640000031_UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
02111640000031_UNDERGRADUATE_THESIS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indonesia dan seluruh negara dibelahan dunia tengah diacam oleh semakin menipisnya energi fosil. Sebagai antisipasi terhadap kondisi tersebut, Pemerintah berkomitmen untuk membangun misi Indonesia Clean Energy. Salah satu Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang cocok diterapkan di Indonesia adalah Energi Angin. Turbin angin yang cocok digunakan dengan kondisi angin di Indonesia adalah Turbin Angin Savonius. Kekurangan dari Turbin Angin Savonius adalah efisiensinya yang rendah sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut dengan tujuan untuk meningkatkan performa Turbin Angin Savonius tersebut. Studi eksperimen dengan pemberian silinder penghalang didepan returning blade Turbin Angin Savonius perlu untuk dilakukan dan diduga dapat meningkatkan performa turbin angin Savonius. Studi eksperimen ini bertujuan untuk mengukur torsi statis dan torsi dinamis turbin angin Savonius, menghitung Coefficient of Power serta menghitung Coefficient of Moment.
Studi eksperimen yang dilakukan menggunakan Turbin Angin Savonius dengan dua sudu yaitu Returning Blade dan Advancing Blade dengan dimensi yaitu diameter sudu turbin (D) sebesar 167 mm, tinggi turbin (H) sebesar 298 mm, lebar turbin (L) sebesar 309 mm, diameter endplate (D0) sebesar 320 mm dan diameter poros turbin (e) sebesar 19 mm. Pada penelitian ini silinder sirkular yang digunakan sebagai pengganggu aliran memiliki dimensi yaitu diameter silinder (d) sebesar 83 mm, dengan tinggi (h) sebesar 500 mm. Dalam penelitian ini sumber angin yang digunakan berasal dari Axial Fan dimana untuk dapat menghasilkan kecepatan angin yang uniform maka Honeycomb diletakkan didepan Axial Fan dan untuk dapat menghasilkan kecepatan angin yang diinginkan maka Axial Fan dihubungkan dengan Voltage Regulator. Rasio diameter silinder pengganggu dengan diameter sudu turbin angin Savonius (d/D) sebesar 0,5 dan rasio jarak pusat silinder penganggu dengan pusat turbin angin Savonius terhadap diameter sudu turbin angin Savonius (S/D) sebesar 1,6 dan 1,7 dengan variasi kecepatan angin sebesar 3 m/s, 4 m/s, 5 m/s, 6 m/s, 7 m/s, 8 m/s, dan 9 m/s. Pada penelitian ini, putaran turbin angin Savonius diukur dengan menggunakan Tachometer dan kecepatan angin diukur dengan menggunakan Anemometer. Untuk memperoleh nilai torsi dinamis alat ukur yang digunakan yaitu Brake Dynamometer dan untuk memperoleh nilai torsi statis alat ukur yang digunakan yaitu Torsi Meter.
Hasil yang dicapai pada penelitian ini yaitu pemberian silinder pengganggu didepan returning blade turbin angin Savonius dengan rasio S/D =1,6 dan d/D = 0,5 efektif dalam meningkatkan Coefficient of Power pada semua variasi kecepatan. Coefficient of Power yang paling tertinggi terletak pada kecepatan angin 5 m/s dengan nilai CoP maksimum sebesar 0,1225 atau sebesar 12,25% dengan kenaikan CoP sebesar 85,3% dibandingkan dengan tanpa silinder pengganggu. Pemberian silinder pengganggu didepan returning blade turbin angin Savonius dengan rasio S/D = 1,6 dan d/D = 0,5 juga efektif dalam meningkatkan nilai Coefficient of Moment pada semua variasi kecepatan. Nilai coefficient of moment tertinggi terletak pada kecepatan 5 m/s dengan nilai CM maksimum sebesar 0,2358 atau sebesar 23,58%. Selain itu, pemberian silinder pengganggu didepan returning blade turbin angin Savonius dengan rasio S/D = 1,6 dan d/D = 0,5 pada semua variasi kecepatan efektif dalam meningkatkan kemampuan self-starting turbin angin Savonius pada semua posisi sudut blade.
Kata Kunci: Coeffocoent of Moment, Coefficient of Power, Gaya Drag, Silinder Sirkular, Torsi Dinamis, Torsi Statis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Coeffocoent of Moment, Coefficient of Power, Gaya Drag, Silinder Sirkular, Torsi Dinamis, Torsi Statis. Circular Cylinder, Coefficient of Power, Coefficient of Moment, Drag Force, Dynamic Torque, Static Torque
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ266 Turbines. Turbomachines (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ820 Wind power
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ828 Wind turbines
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Festy Merbasari Mahardina
Date Deposited: 24 Aug 2020 09:28
Last Modified: 22 May 2023 02:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78458

Actions (login required)

View Item View Item