Evaluasi dan Perencanaan Ruang Terbuka Hijau Berbasis Serapan Emisi Karbon Dioksida (CO2) di Zona Timur Laut Kota Surabaya

Maytantri, Alifia (2020) Evaluasi dan Perencanaan Ruang Terbuka Hijau Berbasis Serapan Emisi Karbon Dioksida (CO2) di Zona Timur Laut Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211640000101-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03211640000101-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di
Indonesia. Hal ini terlihat dengan semakin berkembangnya perekonomian diberbagai aspek dan kegiatan, seperti kegiatan transportasi, permukiman, dan industri yang memiliki kegiatan cukup padat. Mengingat bahwa Kota Surabaya sangat strategis sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, industri, bisnis, pendidikan, dan pariwisata. Dampak yang paling nyata akibat pesatnya kegiatan transportasi, permukiman, dan industri Kota Surabaya saat ini adalah dihasilkannya emisi berupa gas Karbon Dioksida (CO2), sehingga menambah buruknya kondisi kualitas udara serta berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan perkotaan dan juga rasa kenyamanan manusia yang tinggal di daerah tersebut. Salah satu upaya untuk mereduksi emisi CO2 tersebut yaitu dengan menggunakan tumbuhan sebagai pereduksi dan menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) disetiap area Kota Surabaya sesuai dengan sebaran emisi yang dihasilkan di masingmasing area. Persentase luas RTH publik di Kota Surabaya sebesar 21,79% Penelitian yang dilakukan kali ini berupa kajian dan analisis mengenai kecukupan Ruang Terbuka Hijau (RTH)
eksisting dalam menyerap emisi CO2 di Zona Timur Laut Kota Surabaya. Evaluasi dilakukan dengan perhitungan kecukupan ruang terbuka hijau publik dengan menghitung beban emisi CO2 dari kegiatan transportasi, permukiman, dan industri. Hasil perhitungan ini selanjutnya dikalikan dengan faktor emisi. Selanjutnya dihitung daya serap karbon dioksida total dari ruang terbuka hijau publik eksisting, dengan perhitungan-perhitungan tersebut dapat diketahui kecukupan ruang terbuka hijau publik di Zona Timur Laut Kota Surabaya. Setelah dilakukan evaluasi kondisi eksisting dilakukan perencanaan ruang terbuka hijau publik di Zona Timur Laut Kota Surabaya berdasarkan kecukupan ruang terbuka hijau publik dalam menyerap emisi karbon dioksida. Zona Timur Laut Kota Surabaya memiliki persentase luas RTH sebesar 0,64% dan memiliki kemampuan daya serap sebesar 410.988,91 ton/tahun. Perencanaan dilakukan dengan penambahan dan penggantian jenis vegetasi serta penambahan luas RTH dengan sistem vertical garden dan roof garden. SOP pemeliharaan RTH mencakup pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ruang Terbuka Hijau, Kota Surabaya, Emisi CO2, Daya Serap, Vegetasi, Green Open Space, Surabaya City, CO2 Emissions, Absorption, Vegetation
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alifia Maytantri
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:04
Last Modified: 23 Jun 2023 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78972

Actions (login required)

View Item View Item