Review Pengaruh Aktivator, Suhu Curing, Superplasticizer, Dan Semen Terhadap Kuat Tekan Geopolymer Concrete Berbasis Fly Ash

Adelma, Mohd Priyhan (2020) Review Pengaruh Aktivator, Suhu Curing, Superplasticizer, Dan Semen Terhadap Kuat Tekan Geopolymer Concrete Berbasis Fly Ash. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511540000101-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02511540000101-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beton merupakan material konstruksi yang paling banyak digunakan didunia. Produksi semen portland sebagai bahan pembuat beton meningkat tiap tahunnya seirng dengan meningkatnya kebutuhan pembangunan. Pada saat proses produksi semen portland terjadi pelepasan gas karbondioksida (CO₂) ke udara yang besarnya sebanding dengan jumlah semen yang diproduksi. Maka diperlukan bahan alternatif lain yang bisa menggantikan semen dalam campuran beton untuk mendapatkan beton yang ramah lingkungan. Diantaranya ialah melalui pengembangan beton dengan menggunakan bahan pengikat anorganik seperti alumina-silikat polimer atau dikenal dengan geopolimer yang merupakan sintesa dari material geologi yang terdapat pada alam yang kaya akan kandungan silika dan alumina. Material aluminasilikat yang menjadi komponen utama pada material geopolimer ini bisa berasal dari mineral alami atau hasil produk seperti fly ash. Fly ash adalah material yang sangat halus seperti debu, berasal dari sisa peleburan besi baja dan batubara. Pada tinjauan ini, kami telah mempelajari terkait pengaruh dari aktivator, suhu curing, plasticizer, dan semen terhadap kuat tekan beton geopolimer. Didapatkan bahwa kuat tekan tertinggi berada pada konsentrasi NaOH 8M-14M, suhu curing 90⁰C, penambahan 1% plasticizer dan penambahan semen 5% dari massa fly ash.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Geopolimer, fly ash, aktivator, kuat tekan, Geopolymer, fly ash, activator, compressive strength
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN295 Fly ash
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohd Priyhan Adelma
Date Deposited: 23 Aug 2020 14:23
Last Modified: 07 Jul 2023 16:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79353

Actions (login required)

View Item View Item