Desain Stripping Dredger Untuk Pertambangan Timah Kawasan Kepulauan Bangka

Rezki, Sandro Nur (2020) Desain Stripping Dredger Untuk Pertambangan Timah Kawasan Kepulauan Bangka. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir_04111640000026.pdf]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir_04111640000026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Selain dikarunia pemandangan yang indah, Kepulauan Bangka juga menyimpan banyak sekali
hasil bumi, salah satunya timah. Timah merupakan komoditas utama di Kepulauan Bangka.
Untuk melakukan pengerukan di suatu tempat diperlukan kapal keruk, kapal keruk ini dibuat
untuk melakukan pengerukan dari sebuah alur pelayaraan, sekitar dermaga pelabuhan, kawasan
industri lepas pantai, dan kawasan sungai. Jenis kapal keruk yang digunakan tergantung dengan
area pengerukan yang dilakukan, dikarenakan karakteristik dari daerah pengerukan dengan
kapal keruk yang dipilih nantinya harus sama agar pekerjaan yang dihasilkan dapat berjalan
efektif dan sesuai target. Salah satu jenis kapal keruk yang mengalami perkembangan yang
cukup pesat adalah Cutter Suction Dredger. Kapal keruk ini bisa memotong materialnya dan
menghisap material untuk dibuang. Kapal ini dapatt mengeruk berbagai macam material dan
pada kedalaman yang bervariasi. Metode Stripping merupakan metode dengan mengambil
lapisan lapisan bagian atas tanah yang tidak terpakai yang nantinya dibuang. Tujuan dari
pengerjaan tugas akhir ini adalah menentukan ukuran utama kapal, melakukan analisa teknis,
menggambar lines plan, general arrangement, dan 3D kapal dan juga melakukan analisis biaya
pembangunan kapal. Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan payload pada kapal yang
berupa sistem keruk yaitu sebesar 39,93 ton. Secara regulasi perhitungan lambung timbul dan
trim menggunakan acuan Non-Convention Vessel Standard (NCVS) serta perhitungan stabilitas
menggunakan acuan IMO A.749 (18) Code on Intact Stability. Didapatkan analisa teknis yang
telah dilakukan telah memenuhistandar yang ditentukan sehingga diperoleh ukuran utama yaitu
Lpp 52 m, B 20 m, B1 5m, S 10m, H 8,5 m, dan T 5 m. Secara analisis ekonomis, pembangunan
kapal ini membutuhkan dana sekitar Rp 21.417.148.077,98.
==============================================================================================
Besides being blessed with beautiful scenery, the Bangka Islands also store a lot of agricultural
produced, one of which is tin. Tin is the main commodity in the Bangka Islands. To dredge
somewhere a dredger is needed, this dredger is made to dredge from a service channel, around
the port dock, offshore industrial area, and river area. The type of dredger used depends on the
dredging area carried out, because the characteristics of the dredging area with the selected
dredger must be the same so that the work produced can run effectively and on target. One type
of dredger that is experiencing rapid development is Cutter Suction Dredger. This dredger can
cut the material and suck the material for disposal. This ship can dredge a variety of materials
and varying depths. Stripping method is a method by taking the layers of the top layer of unused
soil which will be discarded. The purpose of this final project is to determine the main size of
the ship, conduct technical analysis, draw lines plans, general arrangements, and 3D ships and
also analyze the cost of ship construction. From the analysis that has been done, the payload
obtained in the form of a dredging system is 39.93 tons. The regulation of hull and trim
calculation is using the Non-Convention Vessel Standard (NCVS) and stability calculation
using IMO A.749 (18) Code on Intact Stability. Obtained technical analysis that has been
carried out has met the specified standards so that the main sizes obtained are Lpp 52 m, B 20
m, B1 5m, S 10m, H 8.5 m, and T 5 m. In economic analysis, the construction of this ship
requires funds of around Rp 21.417.148.077,98.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dredger, Bangka Islands, Stripping,Kapal Keruk, Kepulauan Bangka, Stripping
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM311 Catamarans.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sandro Nur Rezki
Date Deposited: 23 Aug 2020 15:01
Last Modified: 07 Jun 2023 14:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79388

Actions (login required)

View Item View Item