Analisis Pengaruh Readability Dan Comprehension Terhadap Usability Kebijakan Privasi Media Sosial (Studi Kasus: Facebook dan LINE)

Fardania, Fairus (2020) Analisis Pengaruh Readability Dan Comprehension Terhadap Usability Kebijakan Privasi Media Sosial (Studi Kasus: Facebook dan LINE). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000074-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411640000074-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Surat Permohonan_Fairus Fardania_02411640000074.pdf]
Preview
Text
Surat Permohonan_Fairus Fardania_02411640000074.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Komunikasi online melalui media sosial merupakan penggunaan internet terbesar di Indonesia. Profil usia penggunanya didominasi oleh mereka yang berusia 13 hingga 34 tahun. Salah satu aktivitas yang menjadi fokus penting dalam media sosial adalah membagikan informasi atau data diri penggunanya. Untuk menghindari adanya penyalahgunaan terhadap data-data pribadi yang mereka sebar, para pengguna media sosial sangat perlu untuk memahami kebijakan privasi. Namun, penyampaian kebijakan privasi yang sangat kompleks, bertele-tele, tidak menarik, dan hanya bisa dipahami oleh mereka yang berada pada jenjang pendidikan perguruan tinggi keatas, menyebabkan pengguna media sosial enggan untuk membaca dan memahaminya. Maka dari itu, diperlukan evaluasi usability kebijakan privasi media sosial untuk mengetahui kebijakan privasi seperti apa yang mudah diterima oleh kognitif manusia. Media sosial yang akan diamati adalah Facebook dan LINE. Keduanya dipilih karena merupakan aplikasi dengan tingkat penggunaan paling aktif melalui perangkat seluler di Indonesia. Evaluasi usability dimulai dengan aktivitas membaca kebijakan privasi yang dilakukan oleh partisipan yang berusia 13-24 tahun dari 3 jenjang pendidikan yang berbeda. Kemudian, setiap partisipan akan mengerjakan HyTec-cloze test dan mengisi kuesioner usability teks yang baru dikembangkan dalam penelitian ini. Parameter kuantitatif yang mengindikasikan tingkat readability dan comprehension dalam penelitian ini adalah kecepatan membaca, task time, dan task score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenjang pendidikan memengaruhi parameter kuantitatif tersebut. Kombinasi antara tampilan kebijakan privasi dan jenjang pendidikan memberikan pengaruh hanya kepada parameter kecepatan membaca. Berdasarkan tiga parameter kuantitatif dan hasil pengolahan kuesioner usability teks, tampilan kebijakan privasi Facebook lebih efisien dibandingkan dengan LINE. Namun, nilai SUS berada pada peringkat “OK”. Sehingga, masih dibutuhkan perbaikan pada tampilan kebijakan privasi. Aspek rekomendasi perbaikan yang diusulkan meliputi penggunaan desain font, penggunaan spasi antar kalimat, penggunaan gambar dan bullets, dan peringkasan penulisan kebijakan privasi.
======================================================================================================================
Online communication through social media is the biggest internet usage in Indonesia. The age profile of users is dominated by those who aged 13 to 34 years old. One of the activities that becomes an important focus on social media is sharing information or data about users. Social media users really need to understand privacy policy to avoid misuse of their personal data. However, the writing of privacy policies that are very complex, long-winded, unattractive, and can only be understood by those who are at the college level or higher, makes social media users unwilling to read and understand them. Therefore, we need an evaluation of the usability of social media privacy policy to find out what kind of privacy policy that is easily accepted by human cognitive. Social media that will be observed are Facebook and LINE. Both are chosen because they are the most active mobile application in Indonesia. Usability evaluation begins with the activity of privacy policy reading conducted by participants aged 13-24 years from three different education levels. Then, each participant will work on the HyTec-cloze test and fill in the usability text questionnaire that newly developed in this study. Quantitative parameters that indicate the level of readability and comprehension in this study are reading speed, task time, and task score. The result shows that level of education influenced these quantitative parameters. The combination of privacy policy visualization and level of education affects the speed reading. Based on the quantitative parameters and the result of text usability questionnaire, Facebook’s privacy policy visualization is more efficient compared to LINE. But, the SUS score is ranked “OK”. Thus, improvements are still needed for a better privacy policy visualization. Recommendations aspect for proposed improvement are the use of design, the use of line spacing, the use of images and bullets, and summarizing privacy policy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: comprehension, privacy policy, readability, social media, usability, comprehension, kebijakan privasi, media sosial, readability, usability
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fairus Fardania
Date Deposited: 23 Aug 2020 02:36
Last Modified: 23 Aug 2020 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80236

Actions (login required)

View Item View Item