RENCANA PEMBANGUNAN PELABUHAN DAN PENYIMPANAN BATUBARA DI SEBUAH PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI

Kusuma, Endra (2020) RENCANA PEMBANGUNAN PELABUHAN DAN PENYIMPANAN BATUBARA DI SEBUAH PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411850077033-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411850077033-Master_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mengelola kegiatan inbound logistics membutuhkan perspektif yang terintegrasi dan komprehensif untuk memahami kompleksitas operasi yang mempengaruhi kinerja inbound perusahaan. Perspektif tersebut juga diperlukan untuk melakukan analisis rencana pengembangan pelabuhan dan fasilitas penyimpanan, dimana kinerja pelabuhan dan kinerja fasilitas penyimpanan saling terkait. Studi ini menggunakan analisis terintegrasi dalam rencana pengembangan pelabuhan dan penyimpanan batubara di perusahaan pertambangan. Tujuan utama dari analisis ini adalah menghasilkan rencana pembangunan Pelabuhan dan fasilitas penyimpanan yang cost effective. Pendekatan Discrete Event Simulation (DES) digunakan untuk memodelkan kompleksitas, dan model tersebut diterapkan untuk menganalisis jumlah barge slip, peralatan bongkar muat pelabuhan, jumlah dan jenis peralatan transportasi material (material transport). Studi ini juga menganalisis bagaimana kapasitas penyimpanan dapat mencapai tingkat layanan tertentu. Model tersebut mempertimbangkan batasan aktual dan ketidakpastian, seperti waktu pasang surut, waktu berlayar tongkang dan waktu berlabuh, waktu bongkar muat, waktu transportasi material, ketersediaan slip tongkang, transportasi material, peralatan bongkar muat. Untuk menilai kelayakan finansial dari setiap skenario yang dikembangkan, digunakan Net Present Value (NPV), Internal Rate Return (IRR) dan Payback Period. Penerapan skenario 3 (S-3) didapatkan kinerja rata-rata jumlah waktu antrian tongkang 22,25 jam, rata-rata jumlah antrian tongkang 29 unit dan rata-rata jumlah antrian truk 7,73 jam. Evaluasi ekonomi skenario 3 (S-3) didapatkan nilai NPV USD 8.078, IRR 39,6% dan Payback Period 2,62 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pelabuhan, penyimpanan batubara, discrete event simulation, evaluasi ekonomi.Port development, coal storage, discrete event simulation, economic evaluation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Endra Kusuma
Date Deposited: 22 Aug 2020 02:38
Last Modified: 20 Dec 2023 05:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80486

Actions (login required)

View Item View Item