PEMODELAN PERUBAHAN GARIS PANTAI DAN SEBARAN TOTAL SUSPENDED SOLID BERDASARKAN DATA PENGINDRAAN JAUH SEBELUM DAN PASCA REKLAMASI PELABUHAN TELUK LAMONG

Huda, Abiyani Choirul (2020) PEMODELAN PERUBAHAN GARIS PANTAI DAN SEBARAN TOTAL SUSPENDED SOLID BERDASARKAN DATA PENGINDRAAN JAUH SEBELUM DAN PASCA REKLAMASI PELABUHAN TELUK LAMONG. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kaitannya pembangunan sosial-ekonomi, banyak proyek konstruksi telah dilakukan di Indonesia untuk memenuhi persyaratan penggunaan perkotaan, pertanian, dan industri. Proyek-proyek ini diantaranya konstruksi perkotaan, pembangunan metro, pemompaan air tanah, dan reklamasi di kawasan pesisir. Aktivitas yang memiliki pengaruh cukup besar pada lingkungan hidup adalah aktivitas operasional pelabuhan. Pelabuhan Teluk Lamong merupakan hasil lahan yang telah direklamasi. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu studi dampak fisik pembangunan Pelabuhan Terminal Multipurpose Teluk Lamong untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dampak reklamasi terhadap sumber daya lingkungan kelautan. Oleh karena itu dilakukan analisa perubahan garis pantai, pemodelan pola arus, pemodelan Total Suspended Solid (TSS) berdasarkan data pengindraan jauh untuk melihat dampak sesudah pembangunan Pelabuhan Terminal Multipurpose Teluk Lamong. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
(1)mengetahui analisa perubahan garis pantai pada Pelabuhan Terminal Multipurpose Teluk Lamong tahun 2012 dan 2020, (2)mengetahui pemodelan pola arus pada Pelabuhan Terminal Multipurpose Teluk Lamong tahun 2012 dan 2020, (3)mengetahui pemodelan konsentrasi TSS pada
Pelabuhan Teminal Multipurpose Teluk Lamong tahun 2012 dan 2020. Tahapan Metode yaitu: (1)melakukan analisa perubahan garis pantai menggunakan software Digital Shoreline Analysis System (DSAS) sebelum dan pasca reklamasi, (2)melakukan pemodelan pola arus menggunakan
software Mike 21 sebelum dan pasca reklamasi, (3)pemodelan konsentrasi TSS menggunakan software Mike 21 berdasarkan data pengindraan jauh menggunakan Google Earth Engine (GEE). Nilai EPR 107.5, 59.625, dan 10.375 m/tahun. TSS pengindraan jauh dengan nilai sangat
rendah (0-20 mg/L), rendah (20,1-40 mg/L), sedang (40,1-80 mg/L), tinggi (80,1-120 mg/L) dan sangat tinggi ( >120,1 mg/L). Pada tahun 2012 dan 2020 Pelabuhan Teluk
Lamong telah mengalami sedimentasi pada koordinat 122.6664167: -7178027778 dengan panjang perubahan garis pantai mencapai 950 m dan sedimentasi di wilayah Pantai
Karang Kiring pada koordinat 112.664; -7.189 yang mencapai 456 m. Pulau Galang pada koordinat 122.665; -7.195 dari tahun 2012 sampai 2020 mengalami perubahan garis pantai mencapai 430 m. Berdasarkan pola arus diperoleh bahwa arus yang terjadi berasal dari arah barat laut dan utara menuju selatan dan tenggara. Adapun Total Suspended Solid, data In Situ yang didapatkan pada jurnal menjelaskan nilai TSS tinggi pada stasiun 2, 3, 4, 22 dan 23 dengan nilai 142 mg/L, 119 mg/L, 115 mg/L, 112 mg/L dan 116 mg/L. Jika dibandingkan pada data pengindraan jauh tahun 2020 menggunakan software GEE TSS tertinggi 167 mg/L, 122 mg/L, 120 mg/L, 128 mg/L dan 120 mg/L. TSS pada tahun 2012 saat surut diperoleh 320-360 mg/L dan saat pasang diperoleh 325-350 mg/L. Pada tahun 2020 saat surut diperoleh TSS sebesar 360-400 mg/L dan saat pasang diperoleh 440
mg/L.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teluk Lamong Harbor, Coastal Change, Flow Pattern Modeling, and Total Suspended Solid Modeling
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC175.2 Sediment transport
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Abiyani Choirul Huda
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:49
Last Modified: 01 Sep 2020 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80534

Actions (login required)

View Item View Item