Analisis Kekuatan Geladak Kapal Berbahan Sandwich Material dengan Core UPR (Unsaturated Polyester Resin)-Waste Material Terhadap Beban Buckling

Nauval, Pradicha Qolub (2020) Analisis Kekuatan Geladak Kapal Berbahan Sandwich Material dengan Core UPR (Unsaturated Polyester Resin)-Waste Material Terhadap Beban Buckling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111240000076_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111240000076_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sandwich material adalah salah satu jenis material komposit yang telah banyak digunakan di bidang dirgantara, olahraga, otomotif, dan maritim. Meluasnya penggunaan sandwich material diakibatkan oleh tingginya nilai rasio kekakuan terhadap berat, dan kemampuan menyerap energi yang tidak dimiliki oleh material homogen biasa. Sandwich material biasanya tersusun dari dua lapisan tipis material face yang dipisahkan oleh core material atau material inti. Sandwich material dalam studi ini menggunakan core material yang terbuat dari Unsaturated polyester resin (UPR) dengan filler dari variasi waste material. Sandwich material tersebut diuji dengan pembebanan aksial untuk melihat perilaku buckling dari sandwich material tersebut. Waste material yang digunakan sebagai filler pada penelitian ini berupa cangkang kerang dan cangkang telur. Cangkang telur dan cangkang kerang telah diketahui dapat meningkatkan keuletan dari UPR.
Pada penelitian ini digunakan dua variasi persentase untuk waste material, yaitu 20% dan 30% dan 2 variasi waste material yaitu cangkang kerang dan cangkang telur sehingga secara keseluruhan akan diteliti 4 variasi core material. Standar yang digunakan dalam pengujian buckling adalah ASTM C364-99 dan untuk standar sandwich material adalah Lloyd’s Register.
Dari Pengujian yang dilakukan diketahui bahwa jenis material filler sangat berpengaruh pada kekuatan buckling dari sandwich material. Dari data hasil uji eksperimen didapatkan bahwa pada persentase yang sama, filler cangkang telur menghasilkan sandwich material yang lebih kuat dibanding cangkang telur. Selain itu berdasarkan analisa grafik hasil pengujian, diketahui bahwa cangkang telur menghasilkan sandwich material yang lebih ductile dibandingkan cangkang kerang. Dari pengujian juga diketahui bahwa persentase filler material memiliki pengaruh terhadap kekuatan buckling sandwich material. Berdasarkan analisis hasil pengujian didapatkan bahwa untuk semua jenis filler, persentase 30% menghasilkan sandwich material yang lebih baik dari persentase 20%. Kemudian melalui analisa hasil pengujian didapati bahwa variasi sandwich material yang menggunakan filler cangkang telur memenuhi buckling requirement yang ditetapkan oleh LR, sedangkan untuk cangkang kerang hanya persentase 30% yang memenuhi buckling requirement LR dan dapat diaplikasikan pada geladak utama kapal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Struktur Kapal, Ship Structure, Sandwich material, Buckling, Waste Material, Cangkang Kerang, Clamshell Cangkang Telur, Eggshell
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9 Composite materials. Laminated materials.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA656.2 Buckling
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pradicha Qolub Nauval
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:43
Last Modified: 24 Dec 2023 15:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80919

Actions (login required)

View Item View Item