Pengembangan Model Hubungan Personality, Social Cognitive, dan Safety Culture Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Perusahaan Kimia

Sari, Rizqi Novita, RNS (2020) Pengembangan Model Hubungan Personality, Social Cognitive, dan Safety Culture Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Perusahaan Kimia. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret (UNS).

[thumbnail of 02411750042006-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411750042006-Master_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kesalahan mental yang disebabkan oleh kecemasan, sikap, ketakutan, stres, kepribadian, atau keadaan emosional dapat menyebabkan kecelakaan. Untuk mencegah kecelakaan di tempat kerja, memahami kepribadian pekerja yang mencerminkan pola karakteristik psikologis, pemikiran, emosi, dan perilaku adalah penting. Kepribadian adalah karakteristik dasar manusia yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya sehingga disebut sosial-kognitif. Pendekatan safety culture untuk mengurangi kecelakaan menekankan peran kekuatan sosial dalam organisasi terkait keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personality, social cognitive, dan safety culture terhadap kecelakaan kerja di perusahaan kimia. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 73 pekerja, termasuk area produksi dan pekerja lapangan di sebuah pabrik kimia. Data diuji secara statistik dengan menggunakan PLS-SEM. PLS-SEM digunakan untuk menentukan hubungan antara personality traits dan safety culture (H1), hubungan social cognitive dan safety culture (H2) dan hubungan social cognitive dan personality traits (H3) di perusahaan kimia. Hasil tes menunjukkan bahwa ketiga hipotesis diterima. Ini mengarah pada kesimpulan bahwa personality traits memiliki hubungan dengan safety culture; social cognitive memiliki hubungan dengan personality traits; dan social cognitive berhubungan dengan budaya keselamatan. Dengan demikian, personality traits, social cognitive, dan safety culture saling terkait.

Kata Kunci : Big five personality, personality, safety attitudes, safety awareness, safety behavior, safety culture, safety efficacy, social cognitive theory.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rizqi Novita Sari
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:37
Last Modified: 29 Nov 2023 08:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81007

Actions (login required)

View Item View Item