Pengendalian Kualitas Garam Konsumsi Beryodium di PT Garam (Persero) menggunakan Diagram Maximum Multivariate Exponential Weighted Moving Average (Max-MEWMA)

Fachrizal, Wildy (2020) Pengendalian Kualitas Garam Konsumsi Beryodium di PT Garam (Persero) menggunakan Diagram Maximum Multivariate Exponential Weighted Moving Average (Max-MEWMA). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211640000059-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
06211640000059-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Garam (Persero) merupakan satu-satunya perusahaan yang berada di bawah naungan BUMN dalam memproduksi, mendistribusikan dan memasarkan garam. Salah satu produk yang dihasilkan adalah garam konsumsi beryodium dimana dalam produksinya dilakukan pengujian dan pengamatan secara rutin, namun metode yang dilakukan belum terlalu mendalam dan hanya dilakukan berdasarkan kebutuhan saja. Akan dilakukan penelitian secara statistik untuk menjawab permaslahan tersebut dengan menggunakan 3 variabel utama dalam mempengaruhi kualitas garam yaitu kadar air (H2O), kadar garam (NaCl) dan kadar Iodium sebagai Kalium Iodat (KIO3) menggunakan diagram kendali Max-MEWMA. Pada perode produksi tahun 2019, dengan batas kendali atas 3,1119 diketahui fase satu telah terkendali secara statistik pada iterasi ke-3, pada fase dua juga telah terkendali secara statistik. Pada periode produksi tahun 2020, dengan batas kendali atas 3,14081 fase satu proses telah terkendali secara statistik pada iterasi ke-2, sedangkan pada fase dua proses belum terkendali secara statistik. Deteksi variabel penyebab out of control didapatkan bahwa pada periode produksi tahun 2019 variabel kadar air (H2O) memiliki kontribusi terbesar pada proses out of control. Sedangkan pada periode produksi tahun 2020 variabel kadar garam (NaCl) memiliki kontribusi terbesar penyebab out of control. Hal ini diperkuat oleh 6 faktor penyebab terjadinya out of control yaitu man, methods, material, measurement, machine, dan environment. Sedangkan pada uji kapabilitas proses, untuk kedua periode produksi telah prersisi namun belum akurat sehingga disimpulkan bahwa proses produksi masih belum kapabel.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSt 519.86 Fac p-1 • Fachrizal, Wildy
Uncontrolled Keywords: Analisis Kapabilitas, Diagram Kendali, Garam Konsumsi Beryodium, Max-MEWMA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wildy Fachrizal
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:35
Last Modified: 21 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81144

Actions (login required)

View Item View Item