ANALISA PENINGKATAN KUALITAS PEKERJAAN STRUKTUR PADA PROYEK CIPUTRA WORLD SURABAYA 3

Jul, Arif Rahman Hakim (2020) ANALISA PENINGKATAN KUALITAS PEKERJAAN STRUKTUR PADA PROYEK CIPUTRA WORLD SURABAYA 3. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

[thumbnail of tesis_09211750024002.pdf]
Preview
Text
tesis_09211750024002.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kualitas merupakan hal yang sangat penting dalam keberhasilan proyek konstruksi. Kontraktor Tatamulia Nusantara Indah, memiliki standar kualitas pekerjaan yang berdasarkan pada SMM (System Manajemen Mutu) untuk semua proyek yang dikerjakan. Salah satu proyek Tatamulia Nusantara Indah adalah Proyek Ciputra World Surabaya 3, proyek ini merupakan proyek superblock yang terdiri dari Mall, Office Tower, SOHO dan Apartement Vertu. Proyek ini mengalami penurunan kualitas pada pekerjaan struktur yang telah dikerjakan ditahun 2019 dengan bertambahnya jumlah Laporan Ketidaksesuaian Pekerjaan.
Penelitian ini akan dilakukan peningkatan kualitas terhadap pekerjaan struktur. metode yang digunakan adalah pendeketan Six Sigma DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Data yang didapat dari hasil Laporan Ketidaksesuaian Pekerjaan (LKP) bulanan proyek ditahun 2019. Dimulai dari mengidentifikasi pekerjaan dengan jumlah LKP terbanyak, kemudian menghitung cacat pekerjaan struktur menggunakan level sigma. Cacat yang berada pada level sigma akan dianalisa dan dicari tindakan perbaikanya. Setelah didapat pengelompokan jenis cacat pekerjaan struktur, dilakukan brainstorming untuk menentukan sebab akibat yang ditimbulkan, kemudian dilakukan kuisioner penyebab probabilitas cacat yang paling dominan. Setelah didapat probabilitas cacat tertinggi dilakukan FGD (Focus Group Discussion) untuk melakukan tindakan perbaikan dan penanganan pada saat perencanaan kualitas agar hasil akhir terlihat lebih baik. Tahap terakhir akan dilakukan uji beda lapangan untuk mengetahui perbandingan pekerjaan dengan rekomendasi tindakan terbaik dan pekerjaan tanpa tindakan rekomendasi. Hasil yang diharapkan yaitu meningkatan kualitas pekerjaan struktur dengan mengurangi jumlah LKP terbanyak.
Hasil penelitian ini menunjukan pekerjaan beton merupakan pekerjaan dengan jumlah cacat tertinggi. Cacat dominan yang disebabkan pada pekerjaan beton adalah beton keropos, tindakan terbaik yang dilakukan untuk beton keropos adalah cukup pemadatan dengan vibrator dengan ukuran yang sesuai cetakan baik vibrator internal maupun eksternal, spesifikasi agregat beton dibuat sesuai dengan ukuran cetakan yang tersedia serta pengawasan sebelum pekerjaan beton dilakukan dan pengawasan pelaksanaan pada saat pekerjaan beton dilakukan. Hasil nilai rata-rata uji beda untuk 4 sampel tiap lantai dengan pekerjaan rekomendasi tindakan terbaik 88.75% dimana ketiga sampel lebih dari nilai rata-rata. Sedangkan hasil nilai rata-rata untuk 4 sampel tiap lantai tanpa pekerjaan rekomendasi tindakan adalah 77.5% dengan 2 unit sampel masih dibawah nilai rata-rata. Ini merupakan hasil yang baik bahwasanya metode Six Sigma DMAIC dapat mengurangi penurunan nilai kualitas pekerjaan struktur pada proyek tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kualitas Pekerjaan Struktur, Six Sigma DMAIC, Cacat Pekerjaan Struktur.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Arif Rahman Hakim
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:17
Last Modified: 02 Jan 2024 14:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81599

Actions (login required)

View Item View Item