PENGEMBANGAN DESAIN FURNITUR TAMAN KOTA SURABAYA: STUDI KASUS TAMAN CAHAYA

Almuhtadibillah, Muhammad (2020) PENGEMBANGAN DESAIN FURNITUR TAMAN KOTA SURABAYA: STUDI KASUS TAMAN CAHAYA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311340000141-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311340000141-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Furnitur merupakan elemen penting pelengkap taman kota, sebagai penghubung antara pengguna dengan environtment, memberi kenyamanan, dan memberikan kesan yang dapat meningkatkan experience pengunjung. Pembangunan taman kota terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan kualitas udara, menambah tujuan wisata, dan meratakan sebaran taman kota sehingga Surabaya menjadi kota layak huni dan nyaman. Belakangan ini konsep taman tematik menjadi tren di kota-kota di Indonesia. Taman tematik dinilai efektif menarik antusiasme pengunjung dan mengembalikan kepekaan nilai sosial dalam interaksi masyarakat. Untuk mendorong tujuan tersebut taman tematik perlu ditunjang fasilitas furnitur yang baik. Tujuan penelitian ini yakni, mengeksplorasi ‘konsep tematik’
untuk memperkuat karakter taman dan mempertimbangkan aspek fungsional dalam mengakomodir kebutuhan pengguna dengan ‘konsep modular’. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tinjauan literatur, observasi, dan interview. Dilanjutkan dengan proses studi dan analisis desain hingga berupa model.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Furnitur Taman, Park Furniture, Tematik, Thematic, Modular.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Faris Almuhtadibillah
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:14
Last Modified: 11 Jan 2024 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81752

Actions (login required)

View Item View Item