Perancangan Konten Virtual Museum Mpu Tantular Sidoarjo

Chamdy, Tanya Liwail (2014) Perancangan Konten Virtual Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3409100059-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
3409100059-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fungsi dan manfaat museum Mpu Tantular adalah sebagai penunjang
pendidikan dan pengajak masyarakat untuk mengenal lebih jauh benda – benda
budaya warisan leluhur bangsa. Pemerintah telah membuat program Gerakan
Nasional Cinta Museum dengan tujuan membangkitkan kembali museum, terbukti
dengan meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya. Peningkatan tersebut
memerlukan pelayanan yang memadai, termasuk pemenuhan kebutuhan informasi
dan hiburan sebagai sarana rekreasi karena informasi yang ada saat ini masih
kurang disampaikan dengan baik kepada pengunjung. Perancangan ini bertujuan
untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan akan informasi interaktif tersebut.
Media virtual konten museum dirancang agar lebih mudah diakses dan
berisi lebih detail untuk mempelajari koleksi museum. Perancangan ini
menggunakan metode riset kualitatif untuk mendapatkan aset data terhadap media
informasi yang sudah dilakukan, dan ketersediaan konten museum berupa jenis,
deskripsi, dan kisah/proses dari koleksi geologika, koleksi biologika, koleksi
numismatika, koleksi etnografika, koleksi arkeologika, koleksi historika, koleksi
filologika, koleksi keramologika, koleksi seni rupa, dan koleksi teknologika.
Kemudian metode kuantitatif untuk mengetahui preferensi visual masyarakat
berupa metode penyampaian informasi baik visual dan bahasa, pilihan gaya
gambar, serta efektifitas waktu dan tempat media. Hasil konsep perancangan ini adalah penyampaian konten informasi
museum yang sangat padat menjadi ringkasan-ringkasan yang lebih mudah disampaikan kepada masyarakat. Berupa konten yang berisi jenis koleksi,
komposisi untuk menjelaskan beberapa bahan pembentuk benda koleksi, siapa
penemunya, dimana benda ditemukan, berapa usia benda koleksi, apa fungsinya di
masa lalu, dan bagaimana benda koleksi dibuat dengan metode di masa lalu, atau
metode alami. Eksekusi perancangan menggunakan teknik infografis, ilustrasi
vektor, gaya bahasa ilmiah populer dan memanfaatkan penggunaan media
interaktif untuk meningkatkan interaksi dan keaktifan pengunjung di dalam
museum
==================================================================================================================
Mpu Tantular Museum has functions and benefits as educational support
and inviting people to learn more objects of nations cultural heritage. The
government has made a program "Gerakan Nasional Cinta Museum" with the
intention of reviving the museum, as evidenced by the increasing number of
visitors each year. Improvements require adequate services, including the needs of
information and entertainment as a means of recreation because the information is
still not delivered properly to the visitors. This design aims to meet the needs and
desires of this interactive information.
Virtual content designed to museum become more accessible and contains
more detail to study museum collections. This design uses qualitative research
methods to obtain data assets against information media that have been done, and
the availability of content in the form of museum types, descriptions, and stories
or process of geological collection, biological collection, numismatical collection,
ethnografical collection, archeological collection, historical collection, phylology
collection, ceramology collections, art collections, and technology collections.
Then a quantitative method to determine the visual preferences of the community
in the form of both visual information delivery methods and languages, image
style options, as well as the time and place of media effectiveness.
The result of this design concept is the delivery of museum content
information into a very dense summaries which are more easily communicated to
the public. Form of content that contains the type of collection, composition to explain some of the material forming a collection of objects, the inventors, places
where objects are found, collectibles age, its functions, and how the collections
made by the method in the past, or natural methods. This design uses a technique
of designing infographics, vector illustration, a popular science language style and
utilize the use of interactive media to enhance the visitors interaction and activity
in the museum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 747.85 Cha p
Uncontrolled Keywords: Museum Mpu Tantular, Konten virtual, Media informasi, Interaktif
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:14
Last Modified: 17 Sep 2020 04:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81964

Actions (login required)

View Item View Item