Analisa Perbandingan Konstruksi Perkerasan Lentur Menggunakan Untreated Base Dan Cement Treated Base Pada Ruas Jalan Ketapang – Batas Kabupaten Pamekasan Ditinjau Dari Segi Ekonomi

Wicaksono, Reza Cahyo (2014) Analisa Perbandingan Konstruksi Perkerasan Lentur Menggunakan Untreated Base Dan Cement Treated Base Pada Ruas Jalan Ketapang – Batas Kabupaten Pamekasan Ditinjau Dari Segi Ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3110100014-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3110100014-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang
mempunyai peranan penting untuk memperlancar kegiatan
perekonomian dan pemerataan pembangunan. Dengan semakin
banyaknya pertumbuhan ekonomi penduduk, mengakibatkan
meningkatnya lalu lintas yang membuat beban jalan sudah tidak
sesuai lagi dengan perencanaan sebelumnya yang terjadi
khusunya pada daerah Madura. Maka dibutuhkan pelebaran jalan
dan perkerasan jalan yang dapat menampung volume lalu lintas
yang melewati daerah tersebut. Penggunaan perkerasan CTB
diharapkan sangat bermanfaat dikarenakan harga yang tidak
terlalu mahal namun mempunyai daya tahan yang bagus,
sehingga CTB ini dapat menjadi alternatif dalam mengantisipasi
pertumbuhan volume lalu lintas kendaraan berat.
Untuk tujuan tugas akhir ini yaitu untuk menghitung
kedua tebal perkerasan, menghitung total biaya konstruksi serta
pemeliharaan kedua perkerasan, mencari user cost dengan metode
N.D. Lea, dan membandingkan kedua perkerasan tersebut secara
ekonomi dengan perhitungan Benefit Cost Ratio.
Maka akan dibahas perbandingan antara konstruksi
perkerasan lentur yang menggunakan Untreated Base dan Cement

Treated Base (CTB) yang ditinjau dari segi analisa ekonomi.
Studi yang dibahas antara lain : Menghitung tebal konstruksi dari
2 perkerasan tersebut; menghitung biaya konstruksi dari kedua
perkerasan tersebut; pemeliharan berkala dan rutin pada kedua
perkerasan tersebut; dan menganalisa kelayakan secara ekonomi
dengan perhitungan BCR.
=======================================================================================================
The road iskind of infrastructure which is used for
transportation and has an important role in economic activities
and equitable development. With the increasing number of
population growth, resulting in traffic increased which makes the
load path is no longer compatible with the previous planning that
occurs especially in Madura. So, it’s needed a road widening and
pavement to accommodate the volume of traffic which pass
through the area. The use of CTB pavement is expected to be
useful because the price is not too expensive but have good
endurance, so that it can be an alternative CTB in anticipation of
growth in the volume of heavy vehicle traffic.
The purpose of this thesis is to calculate both pavement
thickness, calculate the total cost of construction and maintenance
of both the pavement, looking for a cost friendly method ND Lea,
and compare the two pavement economically with Benefit Cost
Ratio calculation.It will discuss the comparison between the use
of flexible pavement construction Untreated Base and Cement
Treated Base (CTB), which in terms of economic analysis.
Studies discussed include: Calculating thickness of the two
pavement constructions ; calculate the cost of construction of

both the pavement; periodic and routine maintenance on both
ofthe pavement; and analyze the economic feasibility with BCR
calculation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.8 Wic a 3100014055815
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, CTB, Analisa dan Evaluasi Ekonomi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:01
Last Modified: 15 Oct 2020 04:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82139

Actions (login required)

View Item View Item