Perancangan Karakter dan Environment untuk Serial Animasi 2D “Cerita Fajar” Sebagai Media Pendukung Sosialisasi PHBS

Ravikithara, Muhammadhiwa Insan (2020) Perancangan Karakter dan Environment untuk Serial Animasi 2D “Cerita Fajar” Sebagai Media Pendukung Sosialisasi PHBS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000118-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311540000118-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 March 2023.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sejak ditetapkannya COVID – 19 sebagai bencana nasional, upaya sosialisasi pencegahan
pun dilakukan oleh pemerintah dengan mengeluarkan protokol – protokol kesehatan yang salah
satunya adalah menjaga penerapan PHBS ( Pola Hidup Bersih dan Sehat ). Upaya sosialisasi
telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan kepada anak – anak SD dengan program Promosi
Kesehatannya. Perancangan serial animasi “Cerita Fajar” berupaya mendukung upaya tersebut
agar sosialisasi PHBS bagi anak – anak dapat dilakukan secara fleksibel di tengah pandemi
dengan penyajian yang lebih menarik melalui sebuah animasi.
Dalam perancangan ini penulis membuat desain karakter serta environment yang
digunakan untuk serial animasi dengan melalui beberapa metode seperti studi literatur, studi
eksisting, studi archetype, observasi, dan kuesioner sebagai referensi konsep dasar. Kemudian
dilanjutkan dengan eksperimental yang diselingi dengan depth interview sehingga didapatkan
hasil rancangan yang maksimal dan sesuai dengan target demografis yang dituju, yaitu anak –
anak usia 6 – 8 tahun.
Hasil dalam perancangan ini yaitu Fajar, seorang anak yang seiring berjalannya cerita
akan belajar memahami pentingnya menerapkan PHBS di kesehariannya, sebagai karakter
utama. Di samping itu ada ketiga temannya sebagai pendukung jalan cerita. Cerita animasi ini
menggunakan pendekatan sebab akibat, oleh karena itu dibutuhkan karakter antagonis sebagai
elemen “akibat” yang akan menyadarakan Fajar mengenai pentingnya menjaga PHBS. Desain
environment diadaptasi dari lingkungan sekitar karena tema animasi yang mengangkat slice of
life. Keseluruhan aset akan digunakan dalam animasi berdurasi 4 – 5 menit.
======================================================================================================
Since the stipulation of COVID-19 as a national disaster, efforts to socialize prevention
have been carried out by the government by issuing health protocols, one of which is
maintaining the implementation of PHBS (Clean and Healthy Lifestyle). Socialization efforts
have been made by the Public Health Office to elementary school children with its Health
Promotion program. The production of "Cerita Fajar" animation seeks to support these efforts
so that the socialization of PHBS for children can be carried out flexibly in the midst of a
pandemic with a more attractive presentation through an animation.
In this design, the authors design the character and environment used for the animated
series through several methods such as literature studies, existing studies, archetype studies,
observations, and questionnaires as references to basic concepts. Then proceed with
experiments interspersed with depth interviews so that the maximum design results are obtained
and in accordance with the intended target demographic, namely children aged 6 - 8 years.
The result of this design is Fajar, a child who as the story progresses will learn to
understand the importance of implementing PHBS in his daily life, as the main character. In
addition, there are three friends who support the storyline. This animated story uses a cause and
effect approach, therefore an antagonistic character is needed as an “effect” element that will
makes Fajar aware of the importance of maintaining PHBS. The environment design was
adapted from the surrounding environment because it is a slice of life animation. The entire
assets including characters and environment will be used in the 4 - 5 minute animation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PHBS, desain karakter, desain environment, animasi 2D, PHBS, character design, environment design, 2D animation
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TR Photography > TR897.7 Computer animation
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammadhiwa Insan Ravikithara
Date Deposited: 09 Feb 2021 12:51
Last Modified: 09 Feb 2021 12:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82640

Actions (login required)

View Item View Item