Optimasi Perencanaan Penjualan Produk Operator Seluler

Ramdhaniar, Megadea Relegia (2021) Optimasi Perencanaan Penjualan Produk Operator Seluler. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850014004-Master_Thesis.pdf] Text
09211850014004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produk telekomunikasi menjadi salah satu kebutuhan paling utama manusia di era saat ini. Produk SA (smart acquisition) yang merupakan produk PT A untuk mengakuisisi pelanggan baru menjadi produk terpenting yang dijual distributor PT X. Pada kenyataannya, hasil penjualan SA dari data PT X dan sistem PT A tidak sama. Data PT X merupakan hasil penjualan produk SA sedangkan data PT A merupakan demand pada suatu wilayah. Adanya gap inilah yang kemudian diketahui produksi SA yang lebih optimal agar mampu memaksimalkan penjualan SA.
Untuk melaksanakan perancanaan tersebut, PT X perlu membuat estimasi target revenue new sales yang merupakan revenue dari produk SA dengan metode peramalan. Digunakan metode peramalan dengan memperhatikan tren data yang kemudian hasil dari peramalan tersebut digunakan sebagai acuan untuk melakukan pemodelan Goal Programming. Proses pemodelan tersebut dilakukan untuk mencari solusi terbaik dari segi perencanaan produksi dengan memperhatikan aspek seperti hasil penjualan SA dari data PT X dan hasil SO (sales out) dari data PT A.
Sesuai dengan rumusan masalah, hasil dari penelitian metode peramalan dan optimasi dapat diterapkan pada studi kasus ini untuk 5 bulan yaitu April-Agustus 2020 menunjukkan hasil yang valid dengan aplikasi LINGO. Dimana hasil dari perhitungan lebih besar daripada nilai aktual dan lebih kecil atau sama dengan dari nilai batas atas yang telah ditentukan. Sehingga tujuan penelitian yang menginginkan maksimasi nilai revenue dan minimasi produksi pcs didapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sales Plan, Forecasting, Optimasi, Goal Programming
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management
Depositing User: MEGADEA RELEGIA RAMDHANIAR
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:57
Last Modified: 18 Feb 2021 07:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82659

Actions (login required)

View Item View Item