Pendugaan Area Kecil Menggunakan Pendekatan Penalized Spline Pada Pendugaan Pengeluaran Perkapita Tingkat Kecamatan Di Kabupaten Sumenep

Baskara, Zulhan Widya (2014) Pendugaan Area Kecil Menggunakan Pendekatan Penalized Spline Pada Pendugaan Pengeluaran Perkapita Tingkat Kecamatan Di Kabupaten Sumenep. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311201015-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
1311201015-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendugaan pada subpopulasi berdasarkan hasil survei pada populasi kemungkinan akan menghasilkan pendugaan yang bias dan varians yang besar yang disebabkan oleh jumlah sampel yang kurang representatif untuk mewakili data (subpopulasi). Salah satu cara untuk menduga subpopulasi tersebut adalah dengan small area estimation (SAE). SAE umumnya menggunakan pemodelan parametik untuk menghubungkan statistik area kecil dengan variabel-variabel pendukungnya. Pemodelan ini kurang fleksibel dalam menyesuaikan dengan pola data hasil survei yang mungkin saja tidak mirip sama sekali dengan distribusi formal yang ada. Sehingga pendekatan nonparametrik menjadi alternatif pilihan. Pada laporan ini peneliti akan mencoba menggunakan pemodelan nonparametrik untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan metode nonparametrik P-Spline. Pendugaan dengan menggunakan pendekatan P-Spline ini kemudian digunakan untuk menduga pengeluaran perkapita pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Sumenep. Evaluasi hasil pendugaan dilakukan melihat nilai MSE (Mean Square Error) hasil pendugaan dengan menggunakan metode resampling jackknife.
=======================================================================================================
Estimation on subpopulations based on population surveys will produce bias estimation and large of variance values due to less number of samples to represent the data (subpopulation). One way to estimate the subpopulation is by using small area estimation (SAE). SAE generally uses parametric modeling to connect the small area statistics with variables supporters. This modeling is less flexible in adjusting to the pattern of survey data that may not resemble at all the existing formal distribution. So the non-parametric approach to be an alternative option. In this report, the researchers will try to use non-parametric modeling to overcome this problem is by using Penalized-spline nonparametric methods. Estimation using P-spline approach is then used to estimate the percapita expenditure in each district in Sumenep. Evaluation of the test results by looking at the value of MSE (Mean Square Error) prediction results by using the jackknife resampling method.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSt 519.538 Bas p
Uncontrolled Keywords: Jackknife, P-spline, Pengeluaran Perkapita, Small area estimation (SAE), Subpopulasi
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:32
Last Modified: 22 Feb 2021 02:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82692

Actions (login required)

View Item View Item