Pemodelan Proses Bisnis dengan Konsep Trust-Aware Process Design pada Ternakmart untuk Mengatasi Masalah Kepercayaan Pengguna

Hafidz, Abdul Muizzal (2021) Pemodelan Proses Bisnis dengan Konsep Trust-Aware Process Design pada Ternakmart untuk Mengatasi Masalah Kepercayaan Pengguna. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000077-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000077-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan laporan dari Edelman Trust Barometer terjadi penurunan indeks kepercayaan yang sangat drastis baik pada bidang bisnis, pemerintahan, maupun organisasi non pemerintah. Indeks kepercayaan adalah persentase kepercayaan pada organisasi non pemerintah, pemerintah, dan media.. Penurunan indeks kepercayaan ini juga berimbas pada beberapa model bisnis daring yang saat ini berkembang. Salah satu bentuk bisnis digital yang terkena dampaknya adalah e-commerce. Salah satu contoh dari jenis startup ini adalah Ternamart. Ternakmart merupakan bisnis digital yang menjual produk olahan peternakan langsung kepada konsumen. Konsumen Ternakmart menggunakan aplikasi Kader Pangan yang memungkinkan layanan antar produk ke rumah konsumen.
Permasalahan: Ternakmart saat ini sedang beroperasi dengan kurang lebih sepuluh ribu pelanggan di area Surabaya. Dengan berkembangnya bisnis digital ini, Ternakmart memerlukan sebuah aplikasi yang dapat dipercaya oleh pelanggannya. Maka dari itu, permasalahan yang ingin diambil oleh peneliti adalah bagaimana membuat aplikasi yang dimiliki oleh Ternakmart dapat mengatasi masalah kepercayaan yang dimiliki oleh para pelanggannya.
Tujuan: Berdasarkan permasalahan tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan elemen kepercayaan pada proses bisnis layanan Ternaknesia dan memberikan rekomendasi untuk masalah kepercayaan pengguna dengan pendekatan model proses bisnis yang sudah dikembangkan dengan elemen kepercayaan.
Metode: Tugas akhir ini merupakan penelitian kualitatif dengan satu studi kasus. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini dimulai dengan mengidentifikasi perhatian kepercayaan pengguna yang nantinya diterjemahkan menjadi tujuan kepercayaan dan dimodelkan dengan elemen kepercayaan. Elemen ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan model proses bisnis as-is sehingga menjadi acuan dalam mengembangkan rekomendasi. Perancangan rekomendasi menggunakan konsep trust-aware process design.
Hasil: Tujuan kepercayaan dari pengguna aplikasi Kader Pangan adalah usability, compliance, performance, dan accessibility of content and data. Rekomendasi yang diberikan untuk mencapai tujuan kepercayaan tersebut diantaranya adalah menyediakan interactive tutorial yang mudah dipahami, mengubah posisi laman login menjadi di bagian tertentu saja, menambahkan fitur halal traceability pada setiap produknya, dan membuat fitur order tracking sehingga hal ini bisa meminimalisir pengiriman yang terlambat. Manfaat secara keilmuan yang bisa diterima dari adanya penelitian ini adalah memberikan wawasan terkait bagaimana penerapan elemen trustworthiness dalam menghadapi masalah kepercayaan dengan pendekatan BPMN. Selain itu, penelitian ini juga memberikan manfaat kepada perusahaan sebagai acuan untuk memetakan strategi apa yang akan dilakukan untuk menghadapi kepercayaan pelanggan dan juga dapat digunakan sebagai analisis manajemen proses bisnis.
=========================================================================================================
Background: Based on a report from the Edelman Trust Barometer, there was a drastic drop in the trust index in the fields of business, government, and non-governmental organizations. The trust index is the percentage of trust in non-governmental organizations, governments, and the media. The decline in the trust index has also impacted several online business models that are currently developing. One of the most skyrocketed online business models is e-commerce. Ternakmart is one of the players in this industry. Ternakmart is a startup that sell animal husbandry products. Its consumers use Kader Pangan application that enable product delivery service.
Problems: Ternakmart is currently operating with approximately 10.000 customers in Surabaya. In accordance with the advancement of digital business, Ternakmart needs an application that its customers can trust. Therefore, the problem the researcher wants to tackle is how to make an application that is owned by Ternakmart that can overcome the trust problems that its customers have.
Purposes: Based on the mentioned problem earlier, this research aims to identify Ternakmart user’s trust concerns when it comes to daily transaction. After that, recommendations will be given that can overcome these trust concerns both from the application side and the business process management side.
Method: This research is qualitative research with one case study. The method used in this final project begins by identifying user's trust concerns which will later be translated into trustworthiness goals and modeled with trustworthiness elements. These elements will later be used to enhance the existing as-is business process model so that it becomes a reference in developing recommendations. In designing recommendations, it uses the concept of trust-aware process design.
Results: The trustworthiness goals from Kader Pangan application users are usability, compliance, performance, and accessibility of content and data. The recommendations given to achieve these trustworthiness goals include providing interactive tutorials that are easy to understand, changing the position of the login page to only a certain part, adding halal traceability features to each product, and creating an order tracking feature so that it can minimize late delivery. The scientific benefit that can be received from this research is to provide insight into how to apply the elements of trustworthiness in dealing with trust problems with the BPMN approach. In addition, this research also provides benefits to the company as a reference for mapping out what strategies will be carried out to deal with customer trust and can also be used as a business process management analysis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan, model proses bisnis, rekayasa kebutuhan, trustworthiness, business process modelling, requirement engineering
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1393.25 Business enterprises
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abdul Muizzal Hafidz
Date Deposited: 06 Mar 2021 02:27
Last Modified: 06 Mar 2021 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83601

Actions (login required)

View Item View Item