PENINGKATAN KUALITAS KAWASAN PESISIR GRESIK MELALUI PARIWISATA BERBASIS KOMUNITAS

Graha, Dimas Tri Rendra (2021) PENINGKATAN KUALITAS KAWASAN PESISIR GRESIK MELALUI PARIWISATA BERBASIS KOMUNITAS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111950015003-Master_Thesis.pdf] Text
08111950015003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Permukiman kumuh memerlukan penanganan yang dilakukan secara menyeluruh agar peningkatan kualitas permukiman dapat terlaksana secara berkelanjutan. Peningkatan permukiman yang telah dilakukan perlu melihat potensi permukiman pasca kumuh kembali menjadi permukiman kumuh. Penelitian ini mengeksplorasi konsep peningkatan permukiman yang mampu mencegah kembalinya kekumuhan pada permukiman pasca kumuh dengan mengembangkan ekonomi masyarakat melalui pariwisata. Pengembangan pariwisata dilakukan dengan menggunakan pariwisata berbasis masyarakat. Studi kasus dalam penelitian ini menggunakan permukiman pasca kumuh kawasan pesisir Kecamatan Gresik yakni Kelurahan Kroman dan Lumpur. Pengembangan wisata berbasis komunitas yang dilakukan melihat faktor kesiapan masyarakat, faktor keberlanjutan, faktor kekumuhan, faktor aspek kajian visual, dan faktor pariwisata sebagai variabel utama penelitian. Data primer diambil melalui observasi dan wawancara tokoh masyarakat, pelaku bisnis, dan pemerintahan. Data diolah dengan metode kualitatif dan kuantitatif serta triangulasi data lapangan, ahli dan kajian literatur. Penelitian ini melihat pariwisata dapat membantu proses pengembangan permukiman menjadi bebas kumuh dengan pengembangan ekonomi pada permukiman pasca kumuh. Identitas permukiman kumuh juga perlu digeser menjadi permukiman wisata.

Pengembangan wisata dapat dilakukan melalui konsep pengembangan wisata dermaga dan konsep pengembangan komunitas. Hasil penelitian menunjukkan lokasi studi di Kroman dan Lumpur perlu melakukan peningkatan pada atraksi utama yang menjadi keunikan dan khas daerahnya yakni wisata dermaga. Pengembangan atraksi lain seperti wisata edukasi, mangrove, penggunaan bale nelayan sebagai atraksi penunjang juga perlu dilakukan. Sarana prasarana serta aspek visual memerlukan beberapa perbaikan utamanya pada lokasi Wisata Mburi Omah dan Wisata Geladak Kroman. Partisipasi masyarakat perlu ditingkatkan. Kerja sama yang baik antara komunitas pengelola wisata, swasta dan pemerintah dibutuhkan dalam pengembangan wisata. Model pengembangan wisata berbasis komunitas sebagai penunjang penanganan kekumuhan diharapkan mampu mencegah kembalinya kumuh pada permukiman pasca kumuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pariwisata berbasis komunitas, permukiman kumuh, kajian visual, kawasan pesisir, wisata dermaga, kembalinya kekumuhan Community based tourism, slums, visual studies, coastal areas, pier tourism, rebound phenomena
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT166 City Planning--Environmental aspects
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT390+ Coastal zone management
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: ST Dimas Tri Rendra graha
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:33
Last Modified: 12 Aug 2021 06:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85649

Actions (login required)

View Item View Item