Perancangan Kantor Notaris Dan Perencanaan Restauran dan Penginapan Jaya Kirana

Abidzar, Fachri (2021) Perancangan Kantor Notaris Dan Perencanaan Restauran dan Penginapan Jaya Kirana. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 8013201004_Master Thesis.pdf] Text
8013201004_Master Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

kebutuhan dan penggunaan lahan terbatas tidak hanya menjadi sebuah tantangan dalam mendesain sebuah rumah tinggal, berbagai jenis bangunan mulai dari komersil hingga perkantoran juga mulai dituntut untuk memaksimalkan ruang lahan yang kecil dan terbatas untuk menjadi sebuah obyek rancang yang tentunya memenuhi kebutuhan penghuni di dalamnya, serta mematuhi peraturan kota terkait. Seperti yang terdapat pada proyek kantor notaris tenggarong ini, kebutuhan lahan yang terbatas, lokasi lokasi dengan iklim tropis, serta kebutuhan akan ruang yang menaungi aktivitas bekerja dan menerima tamu menjadikan obyek rancang yang akan di bangun memiliki beberapa pendekatan desain seperti penempatan jendela lebar yang banyak di beberapa sisi bangunan untuk pencahayaan dan penghawaan alami, area samping dan belakang yang difungsikan sebagai area hijau untuk kenyamanan penghuni, penggunaan material kaca sebagai penutup beberapa ruangan untuk memberikan keamanan pada bangunan. sedangkan untuk zonasi masing-masing ruang, disusun sedemikian rupa sehingga aktivitas antara klien sebagai tamu dan pekerja kantor sebagai penghuni tetap tidak berbentur satu sama lain, sehingga dapat memberikan privasi baik untuk klien maupun untk karyawan.

Bangunan dengan fungsi seperti hotel, resort dan villa biasanya mempunyai kesan mewah dan asing dengan lingkungan sektiarnya, baik dari segi desain maupun dari segi aktivitas. hal ini kemudian yang melatarbelakangi perancangan penginapan dan restoran Jayakirana ini menggunakan desain dengan gaya arsitektur modern-tropis dengan nuansa nusantara yang terinspirasi dari bentukan rumah adat kampung jawa, penggunaan desain tradisional tersebut di berikan selain atas dasar permintaan klien juga untuk tidak membuat bangunan tersebut asing dari lingkungan sekitarnya, selain itu desain tropis yang digunakan juga memiliki fungsi sebagai pencahayaan dan penghawaan alami bagi bangunan yang memberikan kenyamanan lebih bagi para penghuni yang berada pada bangunan ini, dan dengan material alam lokal yang banyak digunakan pada obyek rancang ini, memberikan tidak hanya estetika dan kenyamanan pada bangunan namun juga membantu perekonomian industri sekitar site. obyek rancang ini memiliki 2 massa yang memiliki perbedaan fungsi pada masing masing massanya, bangunan 1 yang terletak pada bagian depan site memiliki fungsi sebagai kafe yang dapat di akses oleh publik serta penginapan. sedangkan pada massa bangunan 2 yang terletak pada bagian belakang memiliki fungsi penuh sebagai penginapan yang bersifat privat dengan fasilitas seperti kolam renang, restoran dan penginapan. pembagian bangunan ini menjadi 2 massa di maksudkan untuk memberi kesan bangunan sebagai penginapan privat, namun juga terbuka untuk dipergunakan secara publik.
=======================================================================================================
the need and use of limited spaces are not only a challenges with designing residential project, various project like commercial and office has the same problem nowadays so that those buildings are starting to optimizing the use of limited spaces that certainly meet the needs of the people that use the building and comply with the relevant city regulation. as found in this notary office project, the limited use of spaces, tropical climate location as well as the needs of spaces to accomodating work activites and receiving guest/clients make the design object to be built has several design approach such as placing many wide windows on several sides of building for natural lighting and ventilation, side areas and the back which functions as a green area for the comfort of residents, the use of glass material as a cover for several rooms to provide security to the building. As for the zoning of each room, it is arranged in such a way that the activities between clients as guests and office workers as permanent residents are not collide with each other, thus providing privacy for both clients and employees.

Buildings with functions such as hotels, resorts and villas usually have the impression of luxury and are foreign to the surrounding environment, both in terms of design and in terms of activity. this is the background behind the design of the Jayakirana inn and restaurant to use a design with a modern-tropical architectural style approach with a nusantara feel inspired by the formation of traditional Javanese houses, the use of these traditional designs is other than on the basis of client requests also to not make the building alienated from the surrounding environment. besides, the tropical design also has a function as lighting and natural ventilation for buildings that provide more comforting environtment for the residents who resides in this building, and with natural materials that are locally provided This design object provides not only the aesthetics and comfort to the building but also helps the peoples economy around the site. This design object has 2 masses that have different functions in each mass, building 1 which is located at the front of the site has a function as a cafe that can be accessed by the public as well as an inn. while in building 2 which is located at the back has a full function as an inn which is privated with facilities such as swimming pools, restaurants and lodging. the division of this building into 2 masses is intended to give the impression the building as a private inn, but also open for public use.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan ruang, keamanan dan kenyamanan, aktivitas penghuni dan klien, arsitektur tropis-nusantara, material alam-lokal, fungsi publik-privat, space requirements, safety and comfort, occupant and client activities, tropical-archipelago architecture, natural-local materials, public-private functions
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fachri Abidzar
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:36
Last Modified: 20 Aug 2021 03:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87999

Actions (login required)

View Item View Item