Desain Kapal Penyeberangan dengan Fasilitas Hiburan, Relaksasi, dan Kuliner untuk Rute Semarang - Karimunjawa, Jawa Tengah

Witdyaningtyas, Dita (2021) Desain Kapal Penyeberangan dengan Fasilitas Hiburan, Relaksasi, dan Kuliner untuk Rute Semarang - Karimunjawa, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111740000001-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111740000001-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Kekayaan alam mendukung potensi wisata bahari yang ada di Indonesia. Salah satu potensi wisata dengan keindahan bawah lautnya terletak di Kepulauan Karimunjawa yang menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kepulauan Karimunjawa terdiri dari beberapa pulau yang menyimpan keindahan alam terutama bawah lautnya. Fasilitas dan sarana pendukung menjadi salah satu faktor yang mendukung minat wisatawan Karimunjawa. Maka dari itu, dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan desain kapal penyeberangan untuk mendukung mobilitas wisatawan menuju Karimunjawa. Kapal ini memiliki fasilitas hiburan seperti ruang karaoke, mesin pijat, dan restoran. Sehingga wisatawan mendapatkan hiburan dalam perjalanan dari Semarang menuju Karimunjawa. Tujuan Tugas Akhir ini adalah mendesain kapal penyeberangan dengan fasilitas hiburan, relaksasi, dan kuliner yang sesuai dengan persyaratan teknis dan regulasi yang berlaku. Pertama dilakukan penentuan payload kapal mengacu pada wisatawan Karimunjawa berdasarkan forecasting jumlah wisatawan dan fasilitas yang ada di kapal. Selanjutnya, ditentukan ukuran utama dengan menggunakan metode Parent Ship Design. Kemudian dilakukan perhitungan teknis yaitu hambatan, kebutuhan daya, berat kapal, stabilitas, trim, dan lambung timbul untuk menggambar Rencana Garis, Rencana Umum, Rencana Keselamatan, dan model 3 dimensi kapal. Kapal yang didesain memiliki payload 64 penumpang, 24 awak kapal, dengan ukutan Panjang (Lpp): 36 m, Lebar (B): 9,5 m, Tinggi (H): 3 m, dan Sarat (T): 2 m. Kecepatan kapal (Vs): 11 knot dengan rute Semarang – Karimunjawa. Biaya pembangunan kapal sebesar Rp28.242.319.178,00 dan biaya operasional kapal sebesar Rp19.781.412.605,00 pertahun. Dengan harga tiket Rp550.000,00 untuk dewasa dan Rp525.000,00 untuk anak pada weekdays Low Season, payback period selama 9 Tahun 10 Bulan 12 Hari, NPV Rp12.641.850,00, dan IRR 15,48%.
================================================================================================
Natural wealth supports the potential of marine tourism in Indonesia. One of the tourism potentials with its underwater beauty is located in the Karimunjawa Islands which is one of the National Tourism Strategic Areas (KSPN). Karimunjawa Archipelago consists of several islands that save natural beauty, especially under the sea. Supporting facilities and facilities are one of the factors that support the interest of Karimunjawa tourists. Therefore, in this final project, a ferry boat design will be carried out to support the mobility of tourists to Karimunjawa. This ship has entertainment facilities such as karaoke rooms, massage machines, and restaurants. So that tourists get entertainment on the way from Semarang to Karimunjawa. The purpose of this final project is to design a ferry with entertainment, relaxation, and culinary facilities in accordance with the technical requirements and applicable regulations. The first is to determine the payload of the ship referring to Karimunjawa tourists based on forecasting the number of tourists and the facilities on board. Next, the main size is determined using the Parent Ship Design method. Then technical calculations are carried out, namely resistance, power requirements, ship weight, stability, trim, and hull to draw Line Plans, General Plans, Safety Plans, and 3-dimensional models of the ship. The designed ship has a payload of 64 passengers, 24 crew members, with a length (Lpp): 36 m, Width (B): 9.5 m, Height (H): 3 m, and Load (H): 2 m. Ship speed (Vs): 11 knots with route Semarang – Karimunjawa. The cost of building the ship is Rp. 28,242,319,178.00 and the operational cost of the ship is Rp.19,781,412,605,00 per year. With ticket prices of Rp.550,000.00 for adults and Rp. 525,000.00 for children on weekdays of Low Season, payback period is 9 Years 10 Months 12 Days, NPV Rp.12,641,850.00, and IRR 15.48%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Facility, Karimunjawa Islands, Ferry Boat, Fasilitas, Kepulauan Karimunjawa, Kapal Penyeberangan
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dita Witdyaningtyas
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:59
Last Modified: 31 Aug 2021 07:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91277

Actions (login required)

View Item View Item