Manajemen Hubungan Pemasok dengan Menggunakan Integrasi Purchasing Portfolio Matrix (PPM) dan Supplier Potential Matrix (SPM): Studi Kasus di Sebuah Perusahaan Galangan Kapal

Saraswati, Intan Indah (2022) Manajemen Hubungan Pemasok dengan Menggunakan Integrasi Purchasing Portfolio Matrix (PPM) dan Supplier Potential Matrix (SPM): Studi Kasus di Sebuah Perusahaan Galangan Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411840000077-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411840000077-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Segmentasi supplier merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan rantai pasok yang dianggap penting bagi sebagian besar perusahaan khususnya bagi perusahaan yang bekerja sama dengan banyak supplier seperti pada perusahaan galangan kapal. Purchasing Portfolio Matrix (PPM) adalah metode segmentasi yang mempertimbangkan dua dimensi yaitu dampak keuntungan dan risiko pasokan yang diklasifikasikan sebagai bahan yang dibeli oleh perusahaan. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat banyak kritik yang mengacu pada metode tersebut sehingga muncul pendekatan baru untuk segmentasi supplier yang disebut sebagai Supplier Potential Matrix (SPM). Pendekatan baru ini bertujuan untuk mencakup semua variabel penting di bawah dua dimensi yaitu kemampuan supplier dan kemauan supplier. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyatukan kedua pendekatan ini melalui matriks hibrida yang disebut PPM-SPM. Data dikumpulkan dari PT. Yasa Wahana Tirta Samudera (YWTS) sebagai perusahaan yang bekerja sama dengan banyak supplier. Best Worst Method (BWM) kemudian digunakan untuk menentukan bobot kriteria yang dibutuhkan untuk kedua pendekatan segmentasi. Selanjutnya penentuan skor dilakukan berdasarkan 21 kriteria yang telah disepakati untuk setiap supplier yang terpilih dan akan disegmentasi berdasarkan kedua pendekatan tersebut. Model hybrid PPM-SPM yang diusulkan menunjukkan bahwa dari 72 supplier terpilih yang melakukan kerja sama dengan PT.YWTS, mayoritas supplier tersegmentasi sebagai pemasok strategic item dan non-critical item dimana di dalamnya masih terdapat banyak supplier dengan kemampuan dan kemauan yang rendah. Segmentasi gabungan PPM-SPM secara total menghasilkan 16 segmen dengan rancangan strategi penanganan untuk masing-masing segmen PPM-SPM yang berbeda.
================================================================================================
Supplier segmentation is an activity related to the supply chain that is considered important for most companies, especially for companies that work with many suppliers such as shipbuilding companies. Purchasing Portfolio Matrix (PPM) is a segmentation method that considers two dimensions namely profit impact and supply risk which are classified as materials purchased by the company. However, over time, there have been many criticisms referring to this method, resulting in a new approach to supplier segmentation called the Supplier Potential Matrix (SPM). This new approach aims to cover all important variables under two dimensions namely supplier capabilities and supplier willingness. The main objective of this study is to unify these two approaches through a hybrid matrix called PPM-SPM. Data collected from PT. Yasa Wahana Tirta Samudera (YWTS) as a company that cooperates with many suppliers. The Best Worst Method (BWM) is then used to determine the weight of the criteria required for the two segmentation approaches. Furthermore, the determination of the score is carried out based on 21 agreed criteria for each selected supplier and will be segmented based on the two approaches. The proposed PPM-SPM hybrid model shows that of the 72 selected suppliers who collaborate with PT. YWTS, the majority of suppliers are segmented as suppliers of strategic items and non-critical items where there are still many suppliers with low ability and willingness. The combined PPM-SPM segmentation resulted in a total of 16 segments with a different handling strategy design for each PPM-SPM segment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Purchasing Portfolio Matrix, Supplier Potential Matrix, Supplier Segmentation, Supplier Relationship Management
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD39.5 Industrial procurement.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Intan Indah Saraswati
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:24
Last Modified: 02 Nov 2022 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93595

Actions (login required)

View Item View Item