Pengembangan Metrik Kompleksitas Untuk Memprediksi Pertumbuhan Model Proses Bisnis

Yaqin, Muhammad Ainul (2022) Pengembangan Metrik Kompleksitas Untuk Memprediksi Pertumbuhan Model Proses Bisnis. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Disertasi-coba1 (1)-signed-signed.pdf] Text
Disertasi-coba1 (1)-signed-signed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Disertasi-coba1 (1)-signed-signed.pdf] Text
Disertasi-coba1 (1)-signed-signed.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Model proses bisnis adalah representasi kegiatan bisnis yang digambarkan menggunakan notasi BPMN. Model proses bisnis tersusun dari struktur kendali dasar yang masing-masing memiliki kompleksitas. Perumusan kompleksitas yang telah diusulkan kurang komprehensif dan sensitif terhadap perubahan kecil dalam model proses bisnis. Akibat dari kurang komprehensif dan sensitif dalam pengukuran kompleksitas model proses bisnis adalah tidak akurat dalam memprediksi pertumbuhan organisasi yang direpresentasikan dalam pertumbuhan model proses bisnis. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan metrik kompleksitas model proses bisnis untuk memprediksi pertumbuhannya.
Penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu pengembangan rumus skalabilitas model proses bisnis, pengembangan metrik kompleksitas model proses bisnis, dan menguji metrik model proses bisnis untuk memprediksi pertumbuhannya. Rumus skalabilitas melibatkan variabel skala dan kemiripan model proses bisnis. Variabel skala merepresentasikan ukuran model proses bisnis, sedangkan variabel kemiripan digunakan untuk memastikan bahwa model proses bisnis yang diukur skalabilitasnya memiliki kemiripan fungsi. Kemiripan model proses bisnis yang dilibatkan dalam pengukuran skalabilitas ini adalah kemiripan struktural dan perilaku. Tahap berikutnya dari penelitian ini adalah pengembangan metrik kompleksitas model proses bisnis yang diberi nama Kompleksitas Yaqin. Kompleksitas Yaqin menawarkan keterbaruan dalam komprehensifitas yang melibatkan lebih banyak variabel daripada perumusan yang lain. Selain itu, kompleksitas Yaqin juga berkontribusi dalam menyelesaikan kasus uji. Tujuh dari delapan kasus uji berhasil dipenuhi oleh rumus kompelksitas Yaqin. Berikutnya, rumus kompleksitas Yaqin digunakan untuk memprediksi pertumbuhan kompleksitas model proses bisnis sebagai fungsi jumlah kasus dan fungsi jumlah aktivitas. Pertumbuhan kompleksitas model proses bisnis sebagai fungsi jumlah kasus membentuk kurva sigmoid, dan sebagai fungsi jumlah aktivitas membentuk kurva persamaan pangkat.
Persamaan pertumbuhan kompleksitas model proses bisnis sebagai fungsi jumlah rombongan belajar didapatkan melalui regresi sigmoid dengan tiga parameter, empat parameter, dan lima parameter. Dari hasil regresi didapatkan bahwa persamaan sigmoid lima parameter memiliki nilai rata-rata R2 tertinggi, yaitu 0.9698 dan nilai bandwidth rata-rata normalisasinya sebesar 0.213. Sedangkan persamaan pertumbuhan kompleksitas model proses bisnis sebagai fungsi jumlah mata pelajaran didapatkan melalui regresi pangkat. Dari hasil regresi didapatkan nilai rata-rata R2=0.9549 dan nilai bandwidth rata-rata normalisasinya sebesar 0.0933.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model proses bisnis, kompleksitas, skalabilitas, pertumbuhan, kompleksitas Yaqin, regresi sigmoid, regresi pangkat, : business process model, complexity, scalability,growth, Yaqin complexity, sigmoid regression, power regression
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Muhammad Ainul Yaqin
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:51
Last Modified: 16 Feb 2022 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93598

Actions (login required)

View Item View Item