Analisis Preferensi Konsumen Untuk Produk Skincare Kategori Facial Mask (Studi Kasus: Generasi Y Dan Generasi Z)

Putri, Atia Rochmani (2023) Analisis Preferensi Konsumen Untuk Produk Skincare Kategori Facial Mask (Studi Kasus: Generasi Y Dan Generasi Z). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111940000022_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111940000022_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sejalan dengan perkembangan pasar kosmetik dunia khususnya personal care product menunjukkan akselerasi pertumbuhan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Salah satu produk kecantikan yang banyak digunakan yaitu facial mask. Banyaknya facial mask di yang bermunculan di Indonesia memiliki nilai saing yang tinggi dan perusahaan berusaha untuk terus berinovasi dengan produknya. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi untuk melihat pengaruh atribut produk terhadap produk facial mask sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dapat dikategorikan sebagai penelitian conclusive-descriptive, dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penyebaran kuesioner ini dilakukan secara online melalui typeform dengan metode self-administered. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis konjoin. Hasil dari penelitian ini, kedua generasi memiliki preferensi yang sama dalam melihat kepentingan atribut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan antara preferensi Generasi Y dan Generasi Z di Indonesia dalam hal pemilihan produk skincare yaitu facial mask. Dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, penelitian ini dilakukan pada generasi Y dan generasi Z di Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode rules of thumb. Menggunakan enam atribut dan tujuh belas level atribut. 323 sampel dikumpulkan dan memenuhi syarat untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak dapat perbedaan antara kedua generasi tersebut. Atribut manfaat produk, bentuk produk, dan harga produk menjadi atribut 3 terpenting dalam proses pemilihan antar kedua segmen tersebut. Implikasi manajerial dari analisis ini dapat diaplikasikan oleh perusahaan atau produsen untuk mengembangkan produk sesuai dengan preferensi konsumen.
====================================================================================================================================
In line with the development of the world cosmetics market, especially personal care products, it has shown an accelerated growth in the last few years. One of the most widely used beauty products is a face mask. The large number of face masks that have sprung up in Indonesia have a highly competitive value and companies are trying to continue to innovate with their products. This study aims to see the effect of product attributes on face mask products according to consumer preferences. This research uses a quantitative approach and can be taken as a descriptive-conclusive research, and the sampling technique is purposive sampling. The distribution of this questionnaire was carried out online through a typeform with a self-administered method. Data analysis in this study used descriptive analysis and conjoint analysis. The results of this study, both generations have the same preference in seeing the attributes of interest. The purpose of this research is to look at the differences between the preferences of Generation Y and Generation Z in Indonesia in terms of choosing skin care products, namely face masks. By using quantitative descriptive, this research was conducted on generation Y and generation Z in Indonesia. Sampling was carried out using the rules of thumb method. Using six attributes and seventeen attribute levels. 323 samples were collected and eligible for analysis. The results showed that there could be no difference between the two generations. The attributes of product benefits, product form, and product price are the 3 most important attributes in the selection process between the two segments. The managerial implications of this analysis can be applied.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk, Conjoint Analysis, Generasi Y, Generasi Z, Facial Mask, Personal Care Product, Skincare. Conjoint Analysis, Facial Mask, Product Attributes, Personal Care Product, Skincare.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.2 Knowledge management.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
T Technology > TS Manufactures > TS195 Packaging
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Atia Rochmani Putri
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:40
Last Modified: 01 Aug 2023 08:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100281

Actions (login required)

View Item View Item