UTAMA, FIRMAN YASA (2016) PEMODELAN DAN SIMULASI RELIABILITY KOMPONEN PESAWAT TERBANG TIPE BOEING 737-300/-400 DI PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2109201009-abstract.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
Preview |
Text
2109201009-Master Thesis.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Preview |
Text
2109201009-conclusion.pdf - Published Version Download (375kB) | Preview |
Abstract
PT. Merpati Nusantara Airlines (PT.MNA) adalah salah satu maskapai
penerbangan di Indonesia yang mempunyai pesawat tipe Boeing 737-300/-400
sebanyak 9 (sembilan) unit armada. Untuk memantau program perawatannya,
sejak tahun 2008 perusahaan telah melakukan Engineering Analysis tentang
perbaikan dan penggantian komponen. Hasilnya berupa laporan triwulan
Component Top Ten Removal Rate yang berisi 10 (sepuluh) komponen dengan
nilai Rate of Removal tertinggi dan 3 (tiga) kriteria tren yaitu, down, upper dan
level. Sampai saat ini perusahaan terus melakukan terobosan untuk mencari
beberapa cara lain dalam melakukan analisa ini dikarenakan hasil laporan selama
2 tahun terakhir sejak 2010 lebih banyak menunjukkan kriteria upper.
Dalam penelitian ini data Daily Replaced Component Record (DRCR) sejak
2005-2010 diolah menggunakan bantuan software Weibull++ V.6 untuk
mendapatkan nilai Time Between Failure (TBF), Time To Repair (TTR),
pendugaan model distribusi dan grafiknya. Pemodelan dan simulasi menggunakan
simulator Raptor V.7 student. Analisa data menggunakan Decision Making Grade
(DMG) dikombinasi dengan pendekatan analisa Reliability Centered Maintenance
(RCM), Failure Mode Effect&Analisys (FMEA) dan Mean Time Limit (MTL)
untuk mencari penyebab turunnya nilai Availability komponen.
Hasil yang diperoleh mengindikasikan penyebab turunnya Availability
adalah komponen Nose Wheel (NW) dan Oxygen Bottle (OB). Dari analisa DMG
yang dikombinasi RCM&FMEA, mendapatkan prosentase fail untuk NW 100%
dan OB 33,3% dengan nilai RPN untuk NW 98&140 dan OB 70 sehingga masuk
dalam kriteria medium dan high. Dan dari analisa MTL, untuk komponen NW
11,1% dan OB 100% yang masuk dalam klasifikasi below. Sedangkan armada
yang mendapat prioritas koreksi lebih detail adalah PK-MBP, PK-MDK dan PKMDG
dengan 50% komponen yang mengalami fail dan beresiko dalam kriteria
medium&high dan berturut-turut memiliki 30%, 40% dan 60% komponen yang
masuk dalam klasifikasi below. Komponen-komponen tersebut harus dilakukan
upaya koreksi dan penanganan agar bisa masuk dalam kriteria low berdasarkan
analisa DMG dan menjadi klasifikasi normal atau higher berdasarkan analisa
MTL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTM 620.004 52 Uta p |
Uncontrolled Keywords: | Availability, DMG, MTL |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 04:44 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 22:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1019 |
Actions (login required)
View Item |