Permainan Simulasi Penanganan Krisis Negara dengan Pemodelan Finite State

Kusnanta, Daanii Nabil Ghinannafsi (2023) Permainan Simulasi Penanganan Krisis Negara dengan Pemodelan Finite State. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111940000163-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111940000163-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mudahnya akses informasi juga memudahkan penyebaran hoaks dan informasi yang salah. Hoaks yang paling banyak beredar pada 2020 menurut laporan MAFINDO adalah hoaks yang berkaitan dengan pemerintah dan instansi negara. Hoaks tersebut biasanya muncul dan beredar saat negara sedang ada dalam kondisi krisis. Hal ini disebabkan salah satunya karena kurangnya pemahaman mengenai kompleksitas penanganan krisis suatu negara. Edukasi mengenai kompleksitas penanganan krisis secara efektif dapat disampaikan melalui permainan strategi. Permainan strategi mengandalkan kemampuan perencanaan, kecermatan dalam melihat situasi di masa mendatang, dan kemampuan pengambilan keputusan secara cepat. Hal ini cocok dengan penanganan krisis negara yang juga membutuhkan perencanaan matang. Melalui permainan strategi yang menyenangkan, pemain dapat merasakan menjadi pengambil keputusan dalam kondisi krisis. Situasi penanganan krisis yang kompleks juga membutuhkan desain simulasi yang kompleks. Permainan Resilience akan menyediakan krisis-krisis yang luas dan menempatkan pemain sebagai pemimpin negara yang harus mengurangi kondisi krisis tersebut. Dalam permainan, pemain harus mengatur kebijakan untuk meningkatkan status negara yang akan mengurangi krisis. Simulasi akan menggunakan pemodelan finite state untuk mencapai desain simulasi krisis yang diinginkan.
==================================================================================================================================
The ease of access to information also facilitates the spread of hoaxes and misinformation. According to a 2020 report by MAFINDO, the most widely circulated hoaxes in 2020 were those related to the government and state institutions. These hoaxes usually appear and circulate when the country is in a crisis. This is due in part to a lack of understanding of the complexity of resolving a country’s crisis. Effective ducation on the complexity of crisis resolution can be conveyed through strategy games. Strategy games rely on the ability to plan, carefully consider future situations, and make decisions quickly. This is consistent with the well-planned resolution of a country’s crisis. Through enjoyable strategy games, players can experience being decision-makers in a crisis. The complexity of crisis resolution also requires a complex simulation design. The game Resilience will provide broad crises and place players as national leaders who must mitigate these crisis situations. In the game, players have to implement policies to improve the country's status and reduce the crises. The simulation will utilize finite state modeling to achieve the desired crisis simulation design.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desain permainan, Permainan strategi real time, Krisis negara, Permainan simulasi, Finite state, Game design, Real time strategy game, National crisis, Simulation game, Finite state
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Daanii Nabil Ghinannafsi Kusnanta
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:45
Last Modified: 05 Oct 2023 08:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102250

Actions (login required)

View Item View Item