Sitompul, Satya Raja (2023) Strategi Pengembangan Wisata Alam Dan Budaya Di Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru Menggunakan Konsep Place Branding. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
08211940000089-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 3 October 2025. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Setiap daerah memiliki potensi dan daya tarik wisata yang berbeda-beda dan memiliki strategi pengelolaan dan pengembangan yang berbeda pula untuk menarik wisatawan. Salah satu wilayah dengan destinasi wisata yang paling berpotensi untuk dikembangkan di Kota Pekanbaru adalah pada Kecamatan Rumbai Timur. Kecamatan Rumbai Timur memiliki sumber daya alam yang menarik, termasuk hutan tropis, keindahan Sungai Siak dan keberagaman hayati. Potensi alam ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mencari pengalaman terkait alam terbuka yang autentik dan menenangkan. Dengan segala potensi pariwisata yang dimiliki, Kecamatan Rumbai Timur perlu membuat strategi pengembangan pariwisata dengan menerapkan konsep place branding yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan ciri khas Kecamatan Rumbai Timur sebagai destinasi pariwisata yang strategis di Kota Pekanbaru.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada pengembangan branding pariwisata dilakukan dengan menggunakan teknik Content Analysis. Selanjutnya dilakukan identifikasi potensi dan masalah dari masing-masing objek dan daya tarik wisata di Kecamatan Rumbai Timur berdasarkan faktor yang terkonfirmasi di Content Analysis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Setelah itu dilakukan identifikasi tingkat kepuasan pengunjung terhadap faktor-faktor branding dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Terakhir, untuk merumuskan strategi pengembangan wisata alam dan budaya di Kecamatan Rumbai Timur menggunakan konsep place branding bagi setiap objek dan destinasi wisata dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT.
Dalam merumuskan strategi wisata alam dan budaya di Kecamatan Rumbai Timur dilakukan 4 tahap sasaran analisis. Berdasarkan hasil sasaran 1 diketahui bahwa terdapat 9 faktor pengembangan branding pariwisata yang terkonfirmasi. Dari 9 faktor ini, pada sasaran 2 dilakukan kajian terhadap potensi dan masalah dari masing-masing faktor yang berpengaruh. Pada sasaran 3, dilakukan identifikasi untuk menilai kepuasan pengunjung terhadap fakor branding, yang nantinya menjadi referensi untuk menentukan tingkat kepentingan strategi pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat total 33 strategi pengembangan pada kelima objek wisata yang diteliti. Strategi pengembangan difokuskan pada objek wisata yang mengalami penurunan kunjungan drastis yakni Danau Buatan, secara spesifik dalam aspek Brand Communication, strategi tersebut diantaranya adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dapat membantu pengelolaan Danau Buatan serta memperkuat peran lembaga kemasyarakatan yang mandiri dan profesional dalam mendukung pengembangan Danau Buatan
=============================================================================================================================
Each region has different tourism potentials and attractions and has different management and development strategies to attract tourists. One of the areas with the most potential tourist destinations to be developed in Pekanbaru City is in East Rumbai Sub-district. Rumbai Timur sub-district has attractive natural resources, including tropical forests, the beauty of the Siak River and biodiversity. This natural potential is a major attraction for tourists seeking an authentic and relaxing outdoor experience. With all its tourism potential, East Rumbai Sub-district needs to create a tourism development strategy by applying the concept of place branding which aims to increase the competitiveness and distinctiveness of East Rumbai Sub-district as a strategic tourism destination in Pekanbaru City.
The approach method used in this research is descriptive qualitative. To identify factors that influence the development of tourism branding is done by using Content Analysis techniques. Furthermore, identification of the potential and problems of each object and tourist attraction in East Rumbai Sub-district based on factors confirmed in the Content Analysis using qualitative descriptive techniques. After that, the level of visitor satisfaction with the branding factors was identified using descriptive statistical techniques. Finally, to formulate a development strategy for natural and cultural tourism in East Rumbai Sub-district using the concept of place branding for each tourist object and destination, SWOT analysis was conducted.
In formulating a strategy for natural and cultural tourism in East Rumbai District, 4 stages of target analysis were carried out. Based on the results of target 1, it is known that there are 9 confirmed tourism branding development factors. Of these 9 factors, in target 2, a study was conducted on the potential and problems of each influential factor. In target 3, identification was carried out to assess visitor satisfaction with branding factors, which later became a reference for determining the level of importance of development strategies. The results of this study indicate that there are a total of 33 development strategies on the five tourist attractions studied. The development strategy is focused on attractions that have experienced a drastic decline in visits, namely Danau Buatan, specifically in the aspect of Brand Communication, the strategy includes forming a Kelompok Sadar Wisata or Tourism Awareness Group that can help manage Danau Buatan and strengthen the role of independent and professional community institutions in supporting the development of Danau Buatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Place Branding, Pengembangan Pariwisata, Kota Pekanbaru Place Branding, Tourism Development, Pekanbaru City |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV191.66 Outdoor recreation resources planning and management H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing) |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Satya Raja Sitompul |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/102306 |
Actions (login required)
View Item |