Analisis Elemen Branding Pada Diversifikasi Produk Air Kemasan Pdam Kota Surabaya Untuk Mengembangkan Bisnis

Paquita, Natasha Zahra (2023) Analisis Elemen Branding Pada Diversifikasi Produk Air Kemasan Pdam Kota Surabaya Untuk Mengembangkan Bisnis. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 091119400000091-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
091119400000091-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang semakin banyak orang-orang dalam menjalankan berbagai bidang bisnis hal ini perusahaan harus melakukan strategi agar bisnis mereka dapat dipertahankan. Pada tahun 2021 industri FnB merupakan salah satu sektor manufaktur yang memiliki potensi yang baik dalam memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional, namun pada kuartal III-2022 lapangan pekerjaan di sektor pengolahaan air telah tercatat bahwa mereka mengalami penurunan sebanyak 50.000 orang. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan unit usaha yang dimiliki oleh daerah dan bergerak dalam bidang distribusi air bersih untuk masyarakat. Hasil wawancara dengan Pak Azwar selaku Manajer dari Perencanaan Strategis dan Kerjasama Bisnis menyebutkan bahwa PDAM Kota Surabaya akan melakukan inovasi produk air minum dalam kemasan (AMDK) tetapi mereka masih belum memiliki brand sendiri serta perspektif masyarakat juga masih menganggap sumber air PDAM itu berasal dari air sungai. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis elemen branding untuk mengembangkan bisnis perusahaan PDAM Kota Surabaya. Penelitian ini memiliki desain penelitian eksploratif, yakni kualitatif yang menggunakan teknik in-depth interview pada tahapan empathize serta teknik Delphi Techniques (DT) pada tahapan testing. Dalam mengembangkan bisnis dilakukannya strategi dengan menggunakan pendekatan empat tahapan dari design thinking, yakni empathize, define, ideate, dan testing. Hasil penelitian pada tahapan testing menunjukkan bahwa untuk pemilihan nama brand adalah alternatif 4, pemilihan warna adalah alternatif 4, pemilihan logo adalah alternatif 1, dan pemilihan tagline adalah alternatif 2.
====================================================================================================================================
In this era, most of people are running various fields of business, so companies must carry out strategies so that their business can be maintained. In 2021 the FnB industry is one of the manufacturing sectors that has good potential in making a major contribution to national economic growth, but in the third quarter of 2022 employment in the water treatment sector has been recorded that they have decreased by 50,000 people. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) is a business unit owned by the region and is engaged in the distribution of clean water to the community. The results of interviews with Mr. Azwar as Manager of Strategic Planning and Business Cooperation stated that PDAM Surabaya City will innovate bottled drinking water products (AMDK) but they still do not have their own brand and the public perspective also still considers PDAM water sources to come from river water. Based on these problems, the purpose of this research is to analyze the branding elements to develop the business of PDAM Surabaya City. This research has an exploratory research design, which is qualitative using in-depth interview techniques at the empathize stage and Delphi Techniques (DT) techniques at the testing stage. In developing a business, a strategy is carried out using a four-stage approach from design thinking, namely empathize, define, ideate, and testing. The results of the research at the testing stage show that for the selection of brand names is alternative 4, color selection is alternative 4, logo selection is alternative 1, and tagline selection is alternative 2.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Elemen branding, design thinking, nama brand, palet warna, tagline, PDAM Kota Surabaya = Branding elements, design thinking, , brand name, color palette, tagline, PDAM Surabaya City
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Natasha Zahra Paquita
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:59
Last Modified: 03 Aug 2023 00:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102540

Actions (login required)

View Item View Item