Perumusan Preferensi Live Streaming Shopping Konsumen Dalam Pemilihan Produk Sepatu Untuk Meningkatkan Daya Saing Seller

Zahrandika, Mohammad Radiv (2023) Perumusan Preferensi Live Streaming Shopping Konsumen Dalam Pemilihan Produk Sepatu Untuk Meningkatkan Daya Saing Seller. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111940000117-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111940000117-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Peluncuran fitur live streaming shopping memiliki potensi yang tinggi dalam meningkatkan penjualan produk seller. Melalui platform live streaming shopping, produk sepatu menjadi produk yang paling banyak dibeli di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap produk sepatu yang dijual pada platform live streaming shopping. Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan atribut seller trustworthiness, seller expertise, jenis sepatu, warna sepatu, harga sepatu, dan channel penjualan. Analisis terhadap preferensi konsumen dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis konjoin dan analisis deskriptif. Analisis konjoin yang digunakan adalah metode choice based conjoint analysis dengan pendekatan pairwise comparison. Sementara analisis deskriptif yang digunakan adalah analisis terkait demografis dan karakteristik responden sehingga dapat menggambarkan keduanya secara keseluruhan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner online kepada 203 responden. Responden yang diteliti memiliki kriteria telah berumur setidaknya 17 tahun dan pernah melakukan pembelian sepatu pada platform live streaming shopping yaitu Shopee dan Tiktok. Temuan utama yang didapatkan adalah konsumen cenderung memprioritaskan atribut seller trustworthiness sebelum atribut-atribut lainnya ketika melakukan pembelian sepatu pada platform live streaming shopping. Ditemukan pula kombinasi terbaik yang dapat diaplikasikan oleh seller. Terkait seller, responden cenderung menyukai seller dengan kepercayaan atas seller yang cukup dan seller yang sangat informatif. Sementara sepatu yang paling disukai adalah sepatu olahraga berwarna soft dengan harga lebih dari Rp600.000 yang dijual melalui Tiktok. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih spesifik pada salah satu produk sepatu dan salah satu generasi. Selain itu, diharapkan juga pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan beberapa metode untuk menghasilkan analisis yang lebih mendalam.
==================================================================================================================================
The launch of the live streaming shopping feature had high potential in boosting product sales for sellers. Through the live streaming shopping platform, shoes became the most purchased product in Indonesia. In connection with this, this research was conducted to analyze consumer preferences for shoes sold on the live streaming shopping platform. This research was carried out by considering the attributes of seller trustworthiness, seller expertise, shoe type, shoe color, shoe price, and selling channel. Consumer preference analysis was conducted using a quantitative approach with the choice-based conjoint analysis and descriptive analysis. The choice-based conjoint analysis used the pairwise comparison approach. Meanwhile, the descriptive analysis provided an overall depiction of demographic and respondent characteristic information. Data collection was carried out by distributing online questionnaires to 203 respondents. The criteria of the respondents are being at least 17 years old and having made shoe purchases on the live streaming shopping platforms, namely Shopee and Tiktok. The main findings revealed that consumers tended to prioritize seller trustworthiness attributes over other attributes when purchasing shoes on the live streaming shopping platform. This research identified the best combinations that sellers could apply. Regarding sellers, respondents favored those with sufficient trustworthiness and high informativeness. As for shoes, the most preferred type was soft-colored sports shoes priced above Rp600,000, sold through the Tiktok platform. Future research is expected to be more specific on one shoe product and one generation. Additionally, it is hoped that future research can employ multiple methods to produce more in-depth analyses.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Konjoin, Live Streaming Shopping, Niat beli, Preferensi Konsumen, Produk Sepatu, Conjoint Analysis, Consumer Preference, Live Streaming Shopping, Purchase Intention, Shoes
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.34 Mobile commerce.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P7 Promotions.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohammad Radiv Zahrandika
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:36
Last Modified: 03 Aug 2023 01:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102933

Actions (login required)

View Item View Item