Boiler Life : Pengembangan Perangkat Lunak untuk Memprediksi Umur Komponen Boiler Pembangkit Listrik

Saragih, David Armando (2023) Boiler Life : Pengembangan Perangkat Lunak untuk Memprediksi Umur Komponen Boiler Pembangkit Listrik. Project Report. [s.n.], [s.l.].

[thumbnail of 10211910000044-Project_Report.pdf] Text
10211910000044-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Perguruan tinggi sebagai tempat untuk menghasilkan sumber daya manusia ingin meningkatkan output-nya, dengan pesatnya perkembangan dunia industri di Indonesia pada bidang teknologi dan pengaplikasiannya, wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi dirasa sangatlah kurang dikarenakan tidak bisa didapatkan secara langsung dalam materi perkuliahan. Oleh karena itu, kerjasama dengan perusahaan – perusahaan sangatlah dibutuhkan, yang dalam hal ini bisa dilaksanakan dengan jalan Studi Ekskursi, Kerja Praktek, Magang, Joint Research, dan lain sebagainya. Kegiatan magang industri di PT ITS Tekno Sains berlangsung selama lima bulan, mulai dari Agustus hingga Januari 2023. Selama 5 bulan mahasiswa ditugaskan pada inspeksi. Selain itu mahasiswa juga diberi pengetahuan mengenai jobdesk di PT ITS Tekno Sains dan pengalaman tentang dunia pasca kampus. Dalam magang industri ini mahasiswa ditempatkan dalam divisi Inspeksi untuk proses pembelajaran dan analisa dengan dibimbing oleh Para staff sebagai yang sudah ahli dibidang inspeksi. Ada 3 bidang di inspeksi yaitu in-situ metalografi, UT thickness, Hardness. Dalam Kegiatan Kedaireka ini, akan dikembangkan software berbasis algoritma kecerdasan buatan dan machine learning untuk aplikasi prediksi usia komponen-komponen boiler. Untuk mengembangkan teknologi prediksi usia komponen boiler berbasis data operasi dan inspeksi maka perlu mengambil data yang ada di site untuk dijadikan data. Biasanya inspeksi dan pengambil data di site pengujiannya memakai Penetrant Test (PT), UT Thickness,NDT Hardness Measurement, dan in-situ metalografi. Lalu mahasiswa diberi penugasan mendesain boiler dari drawing 2D menjadi isometri 3D. lalu mahasiswa melakukan kerja praktik di PT. Petrokimia dimana mahasiswa melakukan grinding, penetrant test untuk mendapatkan data boiler.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: NDT, Hardness, UT Thickness, In-situ Metalografi, penetrant test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.42 Hardness properties and tests. Hardness--Testing.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA462 Metal Corrosion and protection against corrosion
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263.5 Boilers (general)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: David Armando Saragih
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:53
Last Modified: 04 Aug 2023 07:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103746

Actions (login required)

View Item View Item