Perhitungan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pembangunan Tower Hotel Aston Kabupaten Sumenep dengan Menggunakan Sistem Perancah Perth Construction Hire (PCH)

Setiawan, Wahyu Eko (2023) Perhitungan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pembangunan Tower Hotel Aston Kabupaten Sumenep dengan Menggunakan Sistem Perancah Perth Construction Hire (PCH). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111610013052-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10111610013052-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Metode Pelaksanaan merupakan satu komponen yang paling penting dalam sebuah proyek, supaya dapat berjalan sesuai target dari segi mutu, biaya dan juga waktu. Salah satu metode pelaksanaan yang tidak kalah penting adalah pada perencanaan bekisting. Ada berbagai macam metode bekisting yang dapat digunakan, salah satunya adalah menggunakan sistem perancah Perth Construction Hire (PCH), serta untuk pengecorannya. Penulisan ini akan mengkaji metode bekisting PCH pada proyek pembangunan Tower Hotel Aston Sumenep, yang berlokasi pada Jalan Arya Wiraraja, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dan juga untuk proses pengecorannya akan menggunakan metode Cast In Situ. Data yang diperoleh dari proyek ini adalah gambar struktur dan gambar arsitektur. Data tersebut dapat diolah untuk dijadikan sebuah analisa ukuran dan volume. Dan pengolahan data, dapat dijadikan sebagai acuan perhitungan waktu pelaksanaan serta anggaran biaya pelaksanaan yang dibutuhkan dengan mengikuti aturan yang berlaku. Hasil akhir dari pengolahan data serta penulisan ini adalah penjadwalan yang dilakukan dengan membuat Network Planning dan Kurva S. Adapun alat bantu yang dapat digunakan guna membantu menyusun penjadwalan proyek, yaitu Microsoft Project. Hasil durasi serta produktivitas tiap pekerjaan akan menjadi poin yang akan digunakan sebagai penjadwalan, dan diolah untuk menghasilkan Network Planning dan Kurva S. Penjadwalan proyek sangat penting untuk mengukur keberhasilan dari proyek tersebut, dengan memperhatikan waktu yang telah direncanakan. Untuk hasil durasi dan produktivitas tiap pekerjaan digunakan sebagai penjadwalan yang dapat dilakukan dengan membuat Network Planning dan Kurva S. Adapun alat bantu yang digunakan dalam menyusun penjadwalan proyek beserta dengan metode pelaksanaannya dapat dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Project. Dari perencanaan yang telah disusun didapatkan hasil dengan durasi pelaksanaan proyek tersebut adalah 101 Hari dengan total biaya sebesar Rp 13.682.979.271,62.
=================================================================================================================================
The Implementation Method is one of the most important components in a project, so that it can run according to the target in terms of quality, cost and time. One method of implementation that is no less important is the formwork planning. There are various formwork methods that can be used, one of which is using the Perth Construction Hire (PCH) method, as well as for casting. This paper will examine the PCH formwork method for the construction project of the Tower Hotel Aston Sumenep, which is located on Jalan Arya Wiraraja, Sumenep Regency, East Java. And also for the casting process will use the Cast In Situ method. The data obtained from this project are structural drawings and architectural drawings. The data can be processed to be used as a size and volume analysis. And data processing, can be used as a reference for calculating the implementation time and budget for the required implementation costs by following the applicable rules. The end result of data processing and writing is scheduling which is carried out by making Network Planning and S Curves. The tools that can be used to help arrange project scheduling are Microsoft Project. The results of the duration and productivity of each job will be points that will be used as scheduling, and processed to produce a Network Planning and S-Curve. For the result of the duration and productivity of each job, it is used as a schedule that can be done by making Network Planning and S Curve. The tools used in preparing project scheduling along with the implementation method can be done using the program Microsoft Project. The duration of the project implementation is 101 Days with a total cost of Rp 13.682.979.271,62.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perth Construction Hier (PCH), Penjadwalan, Kurva S, Waktu dan Biaya Pelaksanaan, Schedule, S Curve, Time and Cost Implementation.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Wahyu Eko Setiawan
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:15
Last Modified: 21 Sep 2023 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104427

Actions (login required)

View Item View Item