Salim, Muamar Agus (2014) Rancang Bangun Modul Editor Ruangan Dan Fitur Sosial Pada Aplikasi Game Sosial Food Merchant Saga Pada Perangkat Android. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5110100148-Undergraduate_Thesis.pdf Download (2MB) |
Abstract
Game sosial adalah game yang memasukkan aktivitas-aktivitas sosial dalam permainan, sehingga pemain dapat saling berinteraksi satu sama lain dalam berbagai bentuk sesuai dengan karakteristik game yang dimainkan. Perkembangan game sosial mengalami peningkatan yang cukup pesat dalam dekade terakhir ini. Hampir semua jenis aliran game yang dipublikasikan kepada pengguna memiliki fitur sosial yang diterapkan dalam alur permainan. Mulai dari fitur sosial yang minor hingga dalam skala yang besar dapat ditemukan pada game yang beredar saat ini. Perkembangan dalam aspek fitur sosial dalam pengembangan game tidak lepas dari peran perkembangan pesat teknologi internet. Peningkatan perkembangan yang sangat pesat pada teknologi internet mendorong kebutuhan manusia untuk lebih dapat berinteraksi dengan sesama tanpa dibatasi jarak dan waktu. Hal ini melatarbelakangi perkembangan game sosial yang cukup pesat pada dekade terakhir. Sehingga salah satu yang menjadi kebutuhan dasar sebuah game yang memiliki fitur sosial adalah kebutuhan koneksi terhadap internet karena fitur-fitur sosial tersebut diakses melalui koneksi internet. Modul editor ruangan dan fitur sosial pada game Food Merchant Saga mengimplementasikan pola permainan sosial dalam bentuk simulasi berbisnis pada kerangka pengembangan game dengan kakas Unity. Pola permainan simulasi dilakukan dengan aktivitas mengelola pujasera, menata tata letak ruangan pujasera yang dapat dikunjungi satu sama lain oleh pemain yang saling berteman. Kerangka ruangan pujasera dibangun dalam posisi penampang isometric dengan penerapan berbasis ubin untuk menghemat alokasi pemrosesan permainan. Didukung pula dengan integrasi pada media sosial Facebook melalui layanan API Facebook untuk menerapkan fitur-fitur sosial yang lebih mudah dan dapat dijangkau oleh setiap orang yang memiliki akun media sosial Facebook. Selain itu karena memang layanan API Facebook ditujukan untuk mengembangkan fitur sosial game yang terintegrasi dengan Facebook sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia. Modul editor ruangan dan fitur sosial pada game Food Merchant Saga diuji dengan pengujian fungsionalitas dan pengujian integritas. Pengujian fungsionalitas dilakukan untuk menguji bahwa modul dapat diimplementasikan secara terpisah pada kerangka pengembangan mandiri. Pengujian fungsionalitas dilakukan untuk menguji bahwa modul dapat diimplementasikan secara terintegrasi pada kerangka pengembangan game Food Merchant Saga bersama dengan modul-modul lainnya. Semua skenario pada pengujian fungsionalitas maupun pengujian pengujian integritas memberikan hasil sesuai dengan keluaran yang diharapkan.
=============================================================================================================================
Social game is game that incorporating social activities in the game, so that players can interact with each other in accordance with the characteristics of the various forms of the game being played. The development of social games has increased tremendeously in the last decade. Almost all types of games that published to the users have social features implemented in the groove of the game. Ranging from minor to social features in a large scale can be found in the game currently available. Developments in the aspect of social features in game development can not be separated from the role of the rapid development of internet technology. Improved rapid growth in internet technology encourages the human need to be able to interact with each other without being limited by distance and time. It is behind the development of social games quite rapidly in the last decade. Thus becoming one of the basic requirements of a game that has social features is a need for internet connection for social features are accessed via an internet connection. Module of room editor and social features in Food Merchant Saga implements a pattern in the form of social games business simulations in the framework of game development with Unity. Pattern simulation implemented with activities managing food court, organizing food court room layout that can be visited each other by mutual friends of players. The frame of food court room developed in cross-section isometric with tile-based implementation for processing allocation save in the game. Also with the integration of social media named Facebook through the Facebook API services to implement social features that easier and can be reached by everyone who has a Facebook social media accounts. Moreover, because the Facebook API service is aimed at developing social gaming features that integrates with Facebook as one of the biggest social media in the world. Module of room editor and social features in Food Merchant Saga are tested with functionality testing and integrity testing. Functionality testing carried out to test that the module can be implemented separately in the self-development framework. Integrity testing carried out to test that the module can be implemented as an integrated module in the framework Food Merchant Saga development along with other modules. All scenarios in functionality and integrity testing gives results in accordance with the expected output planned.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSIf 794.802 22 Sal r |
Uncontrolled Keywords: | PI Facebook, Game Berbasis Ubin, Game Sosial, Isometric, Unity. Facebook API, Isometric, Social Games, Tile-based Games |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 07:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:21 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/104998 |
Actions (login required)
View Item |