Analisa Keselamatan Kerja Pada Pekerjaan Reparasi Kapal Dengan Metode Fault Tree Analisis (FTA) di PT. Patra Dok Dumai (PDD)

Marzuki, Ismail (2007) Analisa Keselamatan Kerja Pada Pekerjaan Reparasi Kapal Dengan Metode Fault Tree Analisis (FTA) di PT. Patra Dok Dumai (PDD). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4104109601-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4104109601-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (57MB)

Abstract

Kecelakaan kerja yang terjadi di sebabkan oleh dua penyebab utama yaitu : tindakan perbuatan manusia yang tidak memenuhi keselamatan (Unsafe Human acts) dan keadaan linkungan yang tidak aman (Unsafe Condition) yang berlangsung pada saat
sebelum, selama dan sesudah proses reparasi, yang meliputi tenaga kerja, fasilitas produksi dan lingkungan. Pada tugas akhir ini dilakukan analisa keselamatan kerja di galangan kapal PT Patra Dok Dumai, yang menitikberatkan pada semua kecelakaan kerja yang terjadi pada pekerjaan reparasi kapal dan sistem manajemen keselamatan kerja yang diterapkan.
Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu penyebab kecelakaan yaitu pendekatan atas- bawah (top down approach) dengan Fault Tree Ana/is (FTA).
Analisa berawal dari kejadian kecelakaan yang spesifik sampai penyebab-penyebab yang paling bawah. Hasil yang didapat dari analisa yaitu suatu kombinasi penyebab kecelakaan dari faktor sarana produksi sebesar 6.48 %, tenaga kerja sebesar 47.63 %. dan lingkungan sebesar 42.22 %. Angka kecelakaan kerja yang diperoleh dari tiga faktor utama tersebut diatas
dikarenakan oleh sistem manajemen kecelakaan kerja yang tidak memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja Langka-langkah untuk meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan mengurangi tingkat kecelakaan kerja di PT Patra Dok Dumai dilakukan dengan ; Penerapan, Pengukuran, Evaluasi, Tinjauan ulang dan Peningkatan kebijakan Sistem Keselamatan Kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 620.86 Mar a 2007
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Kerja, FTA
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 02 Nov 2023 05:17
Last Modified: 02 Nov 2023 05:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105041

Actions (login required)

View Item View Item