Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Aluminium Untuk Komponen Konstruksi Kapal Kayu Tradisional

Kadapi, Kadapi (2007) Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Aluminium Untuk Komponen Konstruksi Kapal Kayu Tradisional. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4102109012-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4102109012-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (44MB)

Abstract

Keterbatasan persediaan kayu di Indonesia membuat aluminium dapat dijadikan sebagai bahan alternatif pembuatan komponen konstruksi kapal kayu tradisional. Bahan ini memiliki perbandingan kekuatan dan berat yang lebih kecil daripada kayu. Akan tetapi, proses pengerjaan konstruksi bermaterial aluminium membutuhkan teknik yang lebih rumit daripada konstruksi kayu. Selain itu harganya relatiflebih mahal.
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis keunggulan dari konstruksi berbahan alumunium jika dibandingkan dengan kayu, baik hila ditinjau secara teknis maupun ekonomis. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan tekonologi alternattf pembangunan kapal kayu tradisional karena keterbatasan persediaan kayu.
Hal yang ditinjau dalam penelitian ini adalah penggunaan alumunium sebagai bahan gading dan balok geladak. Perhitungan berat menunjukkan bahwa LWT dapat dikurangi sedangkan DWT dapat ditingkatkan. Perhitungan stabilitas menunjukkan bahwa kapal dengan konstruksi seperti ini lebih stabil karena MG bertambah. Secara ekonomis, beaya pembangunan kapal dengan konstruksi kombinasi ini relatiflebih rendah dari kapal yang sepenuhnya kayu.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.820 7 Kad a 2007
Uncontrolled Keywords: Kapal kayu
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM144 Ships, Wooden.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:06
Last Modified: 06 Nov 2023 05:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105051

Actions (login required)

View Item View Item