Analisis Waktu Dan Biaya Penyelesaian Produksi Kapal Akibat Ketidaksesuaian Gap Dan Misalignment Blok Pada Tahap Erektion

Jansumarno, Jansumarno (2010) Analisis Waktu Dan Biaya Penyelesaian Produksi Kapal Akibat Ketidaksesuaian Gap Dan Misalignment Blok Pada Tahap Erektion. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4103100047-Undergrduate_Thesis.pdf] Text
4103100047-Undergrduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (49MB)

Abstract

Pada tahap penyambungan block atau erection pada building berth (landasan peluncuran) kapal LPD 125 di PT PAL Surabaya divisi Kapal Perang masih banyak sekali terjadi kesalahan
teknis an tara lain Misalignment dan Gap. Karena adanya kesalahan-kesalahan teknis tersebut maka diperlukan perbaikan, sehingga proses produksi menjadi terhambat dan mengeluarkan tambahan biaya untuk penyelesaiannya. Dalam Tugas akhir ini dilakukan penelitian mengenai waktu perbaikan blok, kebutuhan JO setiap kesalahan teknis dan besamya biaya yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan teknis yang terjadi. Proses perhitungan dilakukan dengan membagi blok kapal menjadi tiga bagian yaitu penyambungan blok pada bagian bottom, lambung dan bagian deck. Hasil dari tugas akhir dapat disimpulkan bahwa terdapat kesalahan teknis yang terjadi di building berth antara lain Gap, Misalignment. Banyak ketidaksesuain gap yang terjadi adalah 150 kesalahan pada join blok di bottom, 166 spot pada join blok di lambung dan 159 spot pada join blok di deck kapal. Banyak misalignment yang terjadi adalah 150 pada joint blok bagian bottom, 187 spot pada joint blok bagian lambung dan 17 4 spot pada joint blok bagian deck. Biaya yang dikeluarkan berbeda-beda sebanding dengan banyak kesalahan teknis.
Pada perbaikan blok di bottom diperlukan biaya Rp. 12.560.277,6 untuk 2080,8 JO, perbaikan blok di lambung Rp. 14.168.978,3 untuk 2348,9 JO, perbaikan di deck diperlukan Rp. 12.430.268 untuk 2058,6 JO. Hasil Regresi untuk memperkirakan kebutuhan JO berdasarkan banyaknya ketidaksesuain gap(X1) dan misalignment(Z1) adalah: Bagian Lambung Kapal (Total JO = 4.29 + 5.58 X1, Total JO = 0.73 + 6.76 Z1), Bagian Bottom Kapal (Total JO = 4.10 + 5.45
X 1, Total JO = -0 .95 + 7.85 Z1), Bagian Deck Kapal (Total JO = 0.43 + 5.66 X1 , Total JO = -0.60 + 6.69 Zl)
========================================================================================================================================
In stage of continue block or erection at building berth (launching base) ship of Type Supervisor 125 at PT PAL Surabaya Shipyard still a lot of happened technical mistake for example Misalignment and gap. Because there some mistake, it need to repair so that production process become pursued and the expense addition for the solution. In this final project done research of concerning factors causing the happening of technical mistake, steps done a repair and level of expense which is needed to repair the technical mistake that happened. Result from inferential this final project, can be sonclusion that threre are some technical mistake that
happened at building berth namely gap, Misalignment there inconvenient gap happen that achived 150 mistaken with join blok at bottom, 166 mistaken with join blok at side and 159
mistaken with join blok at deck form the ship. Many misalignment that happen namely joint blok part of bottom 150 spot, joint blok part of side 187 spot and joint blok part of deck 17 4 spot. The expense that expent namely variation but they are equal with all technical mistake. To fix a part
ofbuttom need expense Rp. 12. 560.277,6 to 2080,8 JO , To fix a part of side need expense Rp. 14.168.978,3 to 2348,9 JO, To fix a part of deck need expense Rp. 12 .430 .268 to 2058,6 JO. The result of regression can guess to fulfill that JO needed bases of many inconvenient for gap (X1) and misalignment (Z1) namely : part of The ship side (Total JO = 4.29 + 5.58 XI, Total JO = 0.73 + 6.76 ZI), the part of the ship buttom (Total JO = 4.10 + 5.45 XI, Total JO = -0 .95 + 7.85 ZI), and part of the ship deck (Total JO = 0.43 + 5.66 XI, Total JO = -0 .60 + 6.69 ZI)

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.810 68 Jan a 2010
Uncontrolled Keywords: Building Berth, Block, Erection, Ketidaksesuain Gap, Misalignment
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:29
Last Modified: 06 Nov 2023 07:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105052

Actions (login required)

View Item View Item