Problem Solving Wobbler Bar Pada Proses Penyaluran Batu Kapur Di Pabrik Semen Gresik Unit 1 Tuban

Lukmana, Triangga Indra (2014) Problem Solving Wobbler Bar Pada Proses Penyaluran Batu Kapur Di Pabrik Semen Gresik Unit 1 Tuban. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2107100050_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2107100050_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wobbler bar no 19 pada wobbler feeder pabrik semen sering mengalami kerusakan atau patah. Kerusakan atau patah pada wobbler bar tersebut menyebabkan suplai batu kapur untuk bahan baku proses produksi semen terhambat sehingga perlu dianalisis penyebab kerusakan wobbler bar dan mendapatkan solusi untuk meningkatkan lifetime dari wobbler bar. Berdasarkan data yang didapat penelitian ini menggunakan Analisis tegangan dengan menggunakan fatigue curve dan analisa beban menggunakan software finite element modeling (FEM ) SolidWorks. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah penjabaran hasil simulasi tegangan yang terjadi sebenarnya pada material wobbler bar yang ada pada PT.Semen Gresik Tuban mengalami konsentrasi tegangan paling besar ada pada daerah pasak yang berhubungan dengan sproket. Sedangkan daerah yang mengalami tegangan paling rendah adalah bagian tengah wobbler bar yang berkenaan langsung dengan material batu kapur yang diusungnya. Hal ini bisa dimengerti karena daerah pasak mengalami stress akibat dari torsi motor yang besar dan area kontak yang sempit. Sedangkan bagian tengah dari wobbler bar mengalami stress yang rendah diakibatkan beban per luasan area yang rasionya kecil sehingga stress yang terjadi menjadi rendah. Ini berarti menunjukkan bahwa penggantian motor dengan daya yang lebih besar dari standar yang ditetapkan oleh produsen, justru berakibat pada ausnya komponen wobbler bar no 19 yang mengalami tegangan tarikan rantai paling besar dibanding lainnya dikarenakan posisi sprocketnya yang paling ujung dari deretan wobbler bar.
=============================================================================================================================
Wobbler bar number 19 at wobbler feeder at cement factory often failure or breakdown. The failure at wobbler bar make the limestone supply process is disturbed so needed to be analyzed the failure caused of wobbler bar and find the solution to increase lifetime of wobbler bar. Based on data from factory this research use Stress Analysis based from fatigue curve and load analysis with the help of Finite Element Modeling Software SolidWorks Result that founded in this research is based from simulation of actual stress that happen to wobbler bar at PT Semen Gresik which largest stress concentration is in keyway area which connected to sprocket. Whereas area that influence low stress area is at middle of wobbler bar which directly loaded by the flow of mile stone. This phenomenon simply understanding because the keyway area get stress because the torque from motor and narrow contact surface. Whereas the middle of wobbler bar that only influence low stress because the low ratio of load and extent area so the stress affected become low. This means that the changed of motor with the bigger power from the original motor from Universal Engineering increase the wear of wobbler bar number 19 which get biggest stress from pull of chain than other because the position of sprocket in top end of wobbler bar line.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 620.112 6 Luk p-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Wobbler Feeder, failure analysys, fatigue fracture
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:31
Last Modified: 11 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105448

Actions (login required)

View Item View Item