Perencanaan Layout Dan Analisis Stabilitas Pada Kendaraan Hybrid Roda Tiga HYVI

Ruswandiri, Bagus Kusuma (2014) Perencanaan Layout Dan Analisis Stabilitas Pada Kendaraan Hybrid Roda Tiga HYVI. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2108100120_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2108100120_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alat transportasi adalah kebutuhan yang cukup penting saat ini, dimana manusia memiliki kebutuhan untuk mobilitas yang cukup tinggi. Alat transportasi yang baik harus memenuhi beberapa aspek antara lain kestabilan, kenyamanan, keamanan, dan efisien. Banyak perusahaan otomotif berusah mengembangkan teknologi untuk memenuhi beberapa aspek tersebut. Pada tugas akhir kali ini dilakukanperancangan sebuah konsep kendaraan beroda tiga di Indonesia. Dengan bentuk yang futuristik, kendaraan ini dirancang berkapasitas dua orang. Penentuan center of gravity yang tepatdilakukan untuk mendapatkan kendaraan yang stabil, tahan terhadap skid dan guling (rollover). Perancangandilakukan dengan melakukan pemilihan pada beberapa opsi penempatan layout generator set dan baterai. Selain itu juga dilakukan analisis stabilitas kendaraan dengan variabel kecepatan, sudut belok terhadap posisi center of gravity.Penelitian dilakukan dengan analisis kondisi skid dan guling serta perumusan pada sudut slip dan understeer index, sehingga dapat diketahui kondisi kendaraan tersebut akan mengalami kondisi skid atau guling, serta memiliki karakteristik understeer atau oversteer. Dari penelitian pada tugas akhir ini didapatkan karakteristik kestabilan kendaraan yang ditunjukkan dengan grafik α1,α2,α3 vs δf , αf , αr vs δf, dan Kus vs δf di mana semakin besar kecepatan belok dan sudut belok kendaraan maka semakin besar sudut slip. Besarnya sudut slip rodadepan selalu lebih besar daripada roda belakang yang menyebabkan kecenderungan terjadinya understeer. Di samping itu, ada kecenderungan roda 2 terangkat. Untuk pemilihan layout penempatan Generator Set dan Baterai yang terbaik pada Layout 1 yang baru mengalami skid di kecepatan 60km/jam pada sudut belok 7° dan guling pada sudut belok 15° dengan nilai understeer index (Kus) sebesar 0,905.
=============================================================================================================================
A huge human-mobility makes transportation become an important thing nowdays. A good transportation musthave some important aspects, such as stability, comfortability, safety, and efficiency. There are so many automotive company tried to improve their technology to fulfill those aspects. A three-wheeled car design concept has been done in this research. With futuristic design, this vehicle designed with two passenger capacity. Right center of gravity positioning have been done to get a stable, skid androllover-proof vehicle. The vehicle is designed by choosing some options of generator and battery layout positioning and stability analysis with variable of steer angle against velocity and center of gravity. The research is also done by skid and rolling analysis, and formulation in slip angle, and understeer index, so the vehicle condition in skid androlling term, and understeer or oversteer characteristic can be known. The characteristic of this vehicle’s stability has been obtained in this research, shown by α1,α2,α3 vs δf , αf,αr vs δf, and Kus vs δf graph. Greater cornering angle and velocity makes slip angle become greater. The magnitude of front wheel slip angle which always greater than rear wheel makes an understeer tendency. Besides that, there isalso 2nd wheel unintentionally lifted up tendency. For the layout choosing, the best positioning of generator and battery is at layout 1, which encounter skid on 60km/h velocity at 7° steer angle and rolling at 15°steer angle with understeer index value by 0.905.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.229 3 Rus p-1, 2016
Uncontrolled Keywords: Kendaraan roda tiga, center of gravity, sudut slip, skid, rollover, Understeer Index, Understeer, Oversteer, three-wheeled vehicle, center of gravity, slip angle, skid, rollover, Understeer Index, Understeer, Oversteer
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:08
Last Modified: 15 Jan 2024 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105478

Actions (login required)

View Item View Item