MODIFIKASI PERANCANGAN JEMBATAN TRISULA MENGGUNAKAN BUSUR RANGKA BAJA DENGAN DILENGKAPI DAMPER PADA ZONA GEMPA 4

SYAH, CITRA BAHRIN (2016) MODIFIKASI PERANCANGAN JEMBATAN TRISULA MENGGUNAKAN BUSUR RANGKA BAJA DENGAN DILENGKAPI DAMPER PADA ZONA GEMPA 4. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3106100725-Abstrack.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3106100725-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3106100725-conclusion.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Jembatan Trisula merupakan akses penting antara Kota Blitar dengan Kecamatan Kademangan dan Kabupaten Tulungagung. Usia jembatan yang sudah tua dengan volume lalu lintas kendaraan yang semakin meningkat melatarbelakangi pembangunan Jembatan Trisula yang baru sebagai solusi dalam menunjang sarana transportasi. Dalam Tugas akhir ini, dilakukan perancangan struktur Jembatan Trisula yang baru dengan sistem busur rangka baja. Karena perbedaan kedalaman pada dasar sungai, jembatan didesain dengan dua bentang busur yang masing-masing panjangnya adalah 70 meter. Meninjau lokasi Kota Blitar yang berada pada Zona Gempa 4, pada pangkal busurnya dipasang damper yang berfungsi sebagai lateral stopper. Untuk perletakannya didesain menggunakan Pot bearing dengan kapasitas beban vertikal maksimum sebesar 500 kN. Perancangan struktur jembatan ini berpedoman pada beberapa standar peraturan yang ada. Untuk pembebanan mengacu pada SNI T02-2005, perencanaan struktur baja disesuaikan dengan SNI 1729- 2002 yang terdiri dari beberapa elemen struktur yaitu balok memanjang, balok melintang, rangka busur utama, ikatan angin bawah dan ikatan angin atas. Untuk desain pelat lantai kendaraan menggunakan SNI 2847-2002. Analisa struktur yang dilakukan meliputi analisa rasio penampang struktur profil baja dan desain detail sambungan, Setelah dilakukan perhitungan dan kontrol, kemampuan struktur dalam memikul beban – beban yang bekerja masih cukup kuat. Hal ini ditunjukkan dengan stress ratio yang kurang dari 0.95 sesuai SNI 1729-2002. Bahkan dengan adanya penambahan damper mampu mengurangi deformasi maksimum sebesar 6.8 %. Selanjutnya, dari hasil perancangan didapatkan beberapa gambar denah, potongan memanjang, potongan melintang, dan gambar detail sambungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Sya m
Uncontrolled Keywords: Jembatan busur, rangka baja, damper.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:15
Last Modified: 27 Dec 2018 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item